Sejarah tentang Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Lusiana Mustinda - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 20:17 WIB
Harimau Benggala
Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Foto: (iStock)
Jakarta -

Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environtment Day diperingati setiap tanggal 5 Juni . Tentu peringatan ini mengingatkan kita akan bumi yang keberadaannya harus dijaga agar setiap makhluk yang hidup di dalamnya dapat hidup sejahtera.

Menurut sejarahnya, Hari Lingkungan Hidup Sedunia pertama kali dicetuskan dalam Konferensi Stockholm oleh Jepang dan Senegal tahun 1972. Peringatan ini didasarkan pada keadaan lingkungan hidup manusia yang saat itu sangat memprihatinkan serta dilanda bencana.

Saat konferensi Stockholm delegasi Indonesia dipimpin oleh Emil Salim selaku Menteri Penerbitan Aparatur Negara. Konferensi ini dilaksanakan di Swedia pada 5-16 Juni 1972. Dan akhirnya keputusan terakhir dalam konferensi tersebut menetapkan tanggal 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Tema yang diangkat dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2020 ini adalah Time for Nature dengan fokus pada 'Biodiversity' atau 'Biodiversitas' atau 'Keanekaragaman Hayati'.

Pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, United NationS Environment Programme (UNEP) yaitu program pelestarian lingkungan dari PBB, menetapkan Kolombia sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan tema tersebut.

Kolombia merupakan negara yang menjadi tuan rumah bagi hampir 10 persen keanekaragaman hayati di bumi. Dalam program ini, Kolombia pun bermitra dengan Jerman.

Yuk, jaga keanekaragaman hayati. Karena keberadaan makhluk hidup sangat penting bagi ekosistem serta menjaga rantai makanan dapat terus terjaga. Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia!

(lus/erd)