Masjid Pemkot Cilegon Gelar Salat Jumat, Tradisi Jabat Tangan Ditiadakan

M Iqbal - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 13:20 WIB
Salat Jumat di Masjid Pemkot Cilegon
Foto: Salat Jumat di Masjid Pemkot Cilegon. (M Iqbal/detikcom).
Cilegon -

Masjid Nurul Iman di kompleks perkantoran Pemkot Cilegon menggelar Salat Jumat kembali. Tradisi jabat tangan antar-jemaah tak lagi dilakukan mengingat saat ini masih pandemi virus Corona (COVID-19).

Tradisi salaman biasanya dilakukan seusai salat Jumat. Antar-jemaah biasanya berjabat tangan sehabis salam kedua. Namun, pandemi Corona menghilangkan tradisi tersebut.

Selain tak berjabat tangan, masjid milik Pemkot Cilegon itu juga memberlakukan jaga jarak antar-jemaah pada salat Jumat hari ini, Jumat (5/6/2020). Jarak diatur sesuai arahan pemerintah, bagian samping kanan-kiri jemaah berjarak sekitar 1 meter.

Khutbah salat Jumat juga berlangsung sebentar, hanya sekitar 15 menit dari yang biasanya 30 menit. Hal itu diberlakukan mengingat adanya anjuran dari pemerintah untuk mempersingkat khutbah.

Sementara itu, aturan pemberlakuan salat Jumat belum dikeluarkan secara resmi oleh Pemkot Cilegon. Aturan itu akan keluar pada pekan depan berbarengan dengan pemberlakuan new normal atau tatanan hidup baru.

Sambil menunggu aturan terbit, Polres Cilegon mengumpulkan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pekaku usaha di Cilegon. Hal itu dilakukan untuk menyatukan persepsi tentang pemberlakuan new normal.

"Dateng dengan membawa sajadah sendiri setelah itu memakai masker jaga jarak sesuai tanda yang ditentukan di dalam masjid dll, itu sebenarnya sudah dilaksanakan tapi kita pertegas lagi supaya DMI (Dewan Masjid Indonesia), pengurus measjid, dan para ulama juga menekankan di tempatnya masing-masing terkait protokol kesehatan," kata Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana, hari ini.

(ear/elz)