Rumah Ibadah di DKI Sudah Boleh Buka, Katedral Masih Tunggu Keuskupan Agung

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 10:24 WIB
Gereja Katedral Jakarta
Foto: Gereja Katedral Jakarta (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Jakarta dengan status transisi. Mulai pekan ini, sejumlah rumah ibadah bisa kembali membuka peribadatan untuk masyarakat.

Namun, salah satu gereja terbesar di Jakarta, Gereja Katedral, mengatakan pihaknya belum akan membuka kembali gereja untuk publik. Pihak gereja mengaku masih menunggu rumusan protokol peribadatan di era new normal yang hingga saat ini masih digodok oleh Keuskupan Agung Jakarta.

"Jadi, memang dari Keuskupan Agung Jakarta masih merumuskan protokol peribadatan bagi masa tatanan baru mendatang ya. Rumusannya masih berlangsung hingga saat ini, makanya belum bisa diumumkan lagi kapan peribadatan (di Gereja Katedral) itu akan dimulai," kata Humas Gereja Katedral Susyana Suwadie ketika dihubungi, Jumat (5/6/2020).

Susyana mengatakan pihak Gereja Katedral sejauh ini pun masih menunggu tiap rumusan protokol kesehatan yang tengah disusun oleh Keuskupan Agung Jakarta. Dia menyebutkan tiap protokol kesehatan yang akan diterapkan di Katedral ketika dibuka kembali, semuanya akan bersumber dari rumusan Keuskupan Agung tersebut.

"Sebenarnya sih mungkin kalau dari segi persiapan itu memang sambil berjalan dipikirkan juga. Tapi, tentunya Katedral masih harus menunggu tata cara peribadatan yang akan diumumkan Keuskupan Agung Jakarta ya," ujar Susyana.

"Karena nanti keseluruhan tata cara peribadatan yang dirumuskan di situ kan termasuk juga syarat-syarat seperti jumlah jemaat yang bisa datang, tata cara pengaturan tempat duduk, dan hal lainnya, itu semua sumbernya dari rumusan yang dikeluarkan Keuskupan Agung Jakarta. Sekarang kita masih mematangkan rumusan yang masih diproses," sambung dia.

Lebih lanjut, meski sejumlah tempat ibadah di Jakarta pekan ini sudah dibuka kembali, Susyana memastikan jadwal ibadah misa di Gereja Katedral masih berlangsung secara daring pekan ini. Pihaknya berharap putusan rumusan dari Keuskupan Agung Jakarta bisa segera keluar bulan ini sehingga Gereja Katedral bisa kembali dibuka bagi masyarakat.

"Betul, masih online (pekan ini). Bahkan Jumat ini kan kami ada misa Jumat pertama tiap awal bulan, jadi hari ini juga masih online nanti di pukul 12.00 WIB dan 18.00 WIB. Kalau soal keputusan sih harapan kami bulan ini akan dikeluarkan, tapi kami menunggu lah. Karena rumusan itu tidak boleh terburu-buru supaya bisa mencakup segala hal dalam tatanan baru nanti," terang Susyana.

Tonton video 'Menag: Pembukaan Rumah Ibadah Tak Hanya Berdasar Status Zona Wilayah':

(gbr/gbr)