ADVERTISEMENT

Jokowi Minta Pendidikan Ada Target Terukur, Komisi X: Pastikan Alokasi Anggaran

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 08:10 WIB
Jubir DPP PKB Syaiful Huda.
Syaiful Huda (Dok. PKB)

Sementara itu, Huda menyebut partisipasi pendidikan Indonesia saat ini masih di angka 37%. Angka partisipasi terendah ada pada pendidikan prasekolah.

"Terkait partisipasi kita itu yang agak jegleg itu di prasekolah, PAD, yang kedua di perguruan tinggi. Di pra sekolah menyangkut soal tingkat literasi orang tua yang rendah. Kedua soal infrastruktur sarana dan prasarana sekolah. Masih ada 25% dari jumlah desa yang tidak ada PAUD-nya," katanya.

"Kalau perguruan tinggi rendah karena faktor kemampuan keluarga kita kan, finansial masyarakat kita. Itu untuk partisipasi yang pak Jokowi minta. Karena kita memang cukup rendah banget, hanya 37 partisipasi kita. Perguruan tinggi hanya 11, jauh sekali," tambahnya.

Huda mengatakan persoalan yang disampaikan Presiden Jokowi masih menjadi catatan untuk sistem pendidikan. Salah satunya masalah kesejahteraan guru.

"Kedua semua apa yang disampaikan Pak Jokowi adalah PR pendidikan nasional kita yang relatif tidak bisa tercicil setiap tahunnya. Contoh Pak Jokowi ngomong soal kualitas gurunya, memang betul dari dulu soal itu bagaimana meningkatkan kompetensi guru. Ini menyangkut soal kesejahteraan guru, pemerataan guru di seluruh Indonesia yang nggak pernah selesai sampai saat ini. Semua yang dikatakan Pak Jokowi adalah PR lama pendidikan nasional," jelas dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta ada target angka partisipasi pendidikan yang terukur. Target ini dilakukan pada pendidikan tingkat dasar hingga tinggi.

"Ada target-target yang terukur, berapa target angka partisipasi untuk pendidikan dasar dan menengah dan tinggi," ujar Jokowi dalam ratas peta jalan pendidikan tahun 2020-2035, yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/6).

"Saya kira ini kita buat targetnya yang tinggi saja, biar kita optimis biar kita semangat," tuturnya.


(lir/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT