MA Tolak Kasasi Eks Bupati Cianjur, KPK Segera Lakukan Eksekusi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 20:47 WIB
Bupati Cianjur nonaktif Irvan Rivano Muchtar memasuki gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan di Jakarta, Jumat (8/2/2019). Irvano diperiksa terkait kasus dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan Kabupaten Cianjur tahun 2018.
Eks Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

KPK mengaku telah menerima petikan putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak kasasi mantan Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar. KPK mengaku bakal segera melakukan eksekusi.

"Saat ini telah berkekuatan hukum tetap dan KPK akan segera berkoordinasi dengan Jaksa Eksekusi guna melaksanakan eksekusi terhadap ke empat putusan MA tersebut," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (3/6/2020).

Ali mengatakan KPK juga menerima putusan MA terkait kasasi tiga terdakwa lain yakni eks Kepala Bidang Sekolah Menengah Pratama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, Rosidin; Kepala Dinas Pendidikan Cianjur, Cecep Sobandi dan Tubagus Cepy Septhiady. Ali menyebut MA juga menolak permohonan kasasi yang diajukan KPK untuk tiga terdakwa itu.



"Menolak permohonan kasasi dari pemohon kasasi/penuntut umum pada KPK," sebutnya.

Sebelumnya diberitakan, MA menolak permohonan kasasi yang diajukan Irvan Rivano Muchtar. Dengan demikian, Irvan tetap dibui 5 tahun karena korupsi pembangunan gedung SMP.

"Terdakwa tolak, JPU tolak perbaikan," demikian amar putusan yang dilansir website MA, Jumat (29/5).

Selanjutnya
Halaman
1 2