Bali Tak Masuk Daerah Diizinkan New Normal, Ini Penjelasan Gubernur Koster

Angga Riza - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 18:29 WIB
Gubernur Bali I Wayan Koster saat konpers
Gubernur Bali I Wayan Koster (Angga Riza/detikcom)
Bali -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 memberikan kewenangan kepada ratusan pemerintah daerah (pemda) untuk menerapkan tatanan normal yang baru atau 'new normal'. Ada 102 daerah yang diizinkan menerapkan 'new normal'.

Namun, sejumlah daerah di Bali tak masuk dalam 102 daerah yang diizinkan oleh gugus tugas nasional. Menurut Gubernur Bali I Wayan Koster, berdasarkan arahan gugus tugas nasional, yang diprioritaskan untuk menerapkan 'new normal' adalah kabupaten dan kota yang nihil kasus.

"Jadi dari arahan Ketua Gugus Tugas Nasional yang diprioritaskan tahap pertama ini adalah kabupaten/kota yang sama sekali tidak terjangkit, tidak ada COVID-19 sama sekali ada 102 kabupaten kota. Kalau Bali kan kabupaten/kotanya kena semua memang tingkat kesembuhannya tinggi, tapi belum layak untuk dibuka," kata Koster saat jumpa pers di Bali, Rabu (3/6/2020).



Koster menambahkan saat ini Pemprov Bali masih mengkaji dan mengevaluasi penanganan Corona. Bali telah memiliki data daerah mana saja yang akan diberikan kesempatan agar masyarakat produktif dan aman dari Corona.

"Sekarang ini akan dievaluasi dalam hari-hari mendatang seperti apa kecenderungannya kita sudah punya data calon-calon yang akan diberikan kesempatan untuk melaksanakan masyarakat produktif dan bebas dan aman dari COVID-19," jelas Koster.

Sementara itu, Pemprov Bali sedang menyusun protokol 'new normal' untuk semua sektor. Bila sudah ditetapkan, Pemprov Bali akan mengumumkan soal protokol tersebut.



"Jadi Bali belum, kita sedang menyusun protokol tatanan kehidupan era baru untuk semua sektor. Kalau nanti sudah siap kita sudah punya SOP yang bisa dijalankan," tambah Koster.

Sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 memberikan kewenangan kepada ratusan pemda untuk menerapkan tatanan normal yang baru atau 'new normal'. Ada 102 pemda yang diberikan kewenangan tersebut.

Simak video 'Menuju New Normal, Bali Batasi Orang yang Masuk ke Wilayahnya!':

Selanjutnya
Halaman
1 2