Gerhana Matahari dan Bulan Diprediksi Lintasi Aceh Bulan ini

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 16:36 WIB
Ilustrasi gerhana matahari total
Foto: Ilustrasi gerhana matahari total (Mindra Purnomo-detikcom)
Banda Aceh -

Gerhana matahari parsial dan gerhana bulan penumbra diprediksi bakal menyapa Aceh dalam bulan ini. Masyarakat diminta tidak mengkaitkan fenomena alam tersebut dengan virus Corona.

Ahli Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra mengatakan gerhana bulan penumbra bakal melintasi Aceh pada Sabtu 6 Juni mendatang. Gerhana ini mulai terlihat pukul 00.45 WIB, kemudian mencapai puncaknya pada pukul 02.24 WIB dan berakhir pada pukul 04.04 WIB.

"Gerhana bulan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, hanya dapat dipantau dengan teleskop astronomi," kata Alfirdaus dalam keterangannya, Rabu (3/6/2020).

Menurutnya, wilayah Aceh juga bakal terjadi gerhana matahari parsial pada Minggu 21 Juni mendatang. Gerhana terjadi mulai pukul 13.18.09 WIB, kemudian puncak parsial pada pukul 14.35.21 WIB, dan akhir gerhana parsial terjadi pukul 15.42.21 WIB.

Gerhana matahari ini dapat dilihat masyarakat dengan menggunakan kacamata filter ND5, kacamata gerhana dan kaca film. Bagi warga yang ingin melihat fenomena tersebut, dapat menyaksikan di live streaming yang disiarkan Kemenag Aceh.

Selanjutnya
Halaman
1 2