Incar Gelar WBBM 2020, Imigrasi Jaksel Tingkatkan Layanan & Inovasi

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 14:04 WIB
Imigrasi
Foto: Dok. Imigrasi Jakarta Selatan
Jakarta -

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan telah berhasil mendapatkan gelar Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2019. Tak berpuas diri, Imigrasi Jaksel akan terus meningkatkan performa dan bertekad meraih gelar Wilayah Birokrasi Bersih & Melayani (WBBM) pada 2020 ini.

Untuk meraih predikat tersebut tentunya seluruh jajaran pejabat dan pegawai di lingkungan Kantor Imigrasi Jaksel harus saling mendukung agar gelar tersebut bisa didapatkan kembali. Ada beberapa aspek yang diperlukan untuk mendukung penilaian gelar kali ini antara lain manajemen perubahan, tata laksana, manajemen SDM, akuntabilitas, pengawasan, dan pelayanan publik). Itu semua pun harus dilakukan secara efektif dan efisien walau di tengah pandemi COVID-19 yang mengharuskan pegawai melakukan pekerjaan dari rumah.

Adapun yang menjadi poin utama penilaian WBBM adalah inovasi dalam pelayanan. Oleh karena itu Imigrasi Jaksel optimis dapat menyabet gelar bergengsi tersebut dengan adanya Inovasi Pinter (Pintu Imigrasi Nan Tertib) yang telah diusung sejak 2019 akhir lalu.

"Di mana hanya pemohon yang berkepentingan yang dapat masuk melalui kartu akses khusus yang diberikan sehingga menjaga keamanan dan meningkatkan kualitas pelayanan keimigrasian," kata pihak Imigrasi Jaksel dalam keterangan tertulis, Rabu (3/6/2020).

Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Susetyo Mardhy yang juga merupakan ketua Tim Pokja WBBM berharap bahwa dengan memperoleh gelar WBBM tersebut dapat menjadi indikator resmi di mata masyarakat bahwa pelayanan prima telah hadir di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan.

"Meskipun disadari masih banyak hal yang harus diperbaiki juga perlu dihadirkan kembali inovasi-inovasi baru demi mendekati kesempurnaan dalam melayani masyarakat. Sehingga dukungan, saran dan kritik yang membangun akan senantiasa tetap dibutuhkan," ujar Susetyo.

Selanjutnya Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan akan bersiap untuk melalui berbagai tahapan dalam tes dan ujian mendapatkan gelar WBBM ini. Dengan bergerak bersama, semua pegawai berharap untuk mendapatkan hasil yang positif demi memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat.

(akn/ega)