Tetap Layani Masyarakat, Imigrasi Jaksel Buka Layanan Online 24 Jam

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 13:39 WIB
Imigrasi
Foto: Dok. Imigrasi Jakarta Selatan
Jakarta -

Sebagai upaya pencegahan COVID-19, sebagian kantor menerapkan kebijakan Work From Home sejak beberapa bulan yang lalu. Kini, Pemerintah pun sudah menerapkan skema New Normal untuk tetap menjaga ekonomi tetap stabil, dan masyarakat pun dapat beraktivitas.

Namun, aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat masih harus dibatasi sama seperti masa PSBB. Begitu pula Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan yang tidak dapat memberikan pelayanan keimigrasian dengan normal seperti biasanya.

"Hal ini pun tidak menghentikan upaya Kantor Imigrasi Jakarta Selatan untuk tetap memberikan pelayanan keimigrasian terbaik bagi masyarakat," kata pihak Imigrasi Jakarta Selatan dalam keterangan tertulis, Rabu (3/6/2020).

Adapun Imigrasi Jakarta Selatan tetap melayani masyarakat yang memiliki pertanyaan seputar layanan keimigrasian secara online 24 jam melalui berbagai kanal media sosial seperti Instagram @kanimjaksel, Twitter @Kanim_Jaksel, Facebook Page @kanimJakSel ataupun WhatsApp di nomor 08111616423.

Kanal media sosial tersebut juga dapat digunakan masyarakat sebagai ruang informasi dan pengaduan virtual bagi yang memiliki kebutuhan darurat akan paspor untuk berobat ke luar negeri, bagi Pekerja Migran Indonesia yang sudah terikat kontrak, ataupun administrasi perkuliahan di luar negeri.

Sebagai catatan, setiap permohonan yang masuk, akan dicek terlebih dahulu kelengkapan berkasnya secara online melalui media sosial. Jika telah memenuhi syarat, barulah pemohon akan diberikan jadwal untuk datang langsung ke kantor dan dilayani secara khusus oleh petugas. Jadwal kedatangan dan kehadiran untuk proses foto dan wawancara telah diatur menyesuaikan Pembatasan Sosial Berskala Besar selama pandemi COVID-19.

"Dan untuk petugas yang melayani diberlakukan jadwal piket setiap hari kerja. Jadi memang tidak semua pemohon dapat dilayani demi menjaga kesehatan dan keamanan bersama baik petugas ataupun pemohon," tambahnya.

Melalui upaya tersebut, Kantor Imigrasi Jakarta Selatan berharap masyarakat tetap merasakan kehadiran Kantor Imigrasi Jakarta Selatan di tengah sulitnya masa pandemi.

Ke depannya Imigrasi Jakarta Selatan juga akan terus berusaha melayani secara optimal dalam berbagai kondisi demi terlaksananya tugas dan fungsi Kantor Imigrasi di tengah-tengah masyarakat.

(akn/ega)