Imam Besar Harap Istiqlal Tetap Disemprot Disinfektan Meski Corona Mereda

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 11:51 WIB
Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar (Foto: Yogi Ernes-detikcom)
Jakarta -

Penyemprotan disinfektan kembali dilakukan di Masjid Istiqlal hari ini. Kegiatan tersebut dalam rangka menjaga kebersihan masjid sebelum digunakan kembali secara umum pada bulan Juli nanti.

Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar mengapresiasi langkah penyemprotan disinfektan area masjid yang dilakukan oleh personel Damkar DKI Jakarta. Nasaruddin juga meminta kegiatan tersebut rutin dilakukan tiap seminggu sekali.

"Pertama, atas nama pengurus Masjid Istiqlal mengucapkan terima kasih atas Damkar DKI ya atas kesediaannya melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal hari ini. Kami harap ini tiap minggu rutin ke sini ya, karena ini kan jadi daerah pusat perjumpaan penduduk terbanyak," kata Nasaruddin kepada wartawan di halaman Masjid Istiqlal, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (3/6/2020).

Nasaruddin juga berharap, kegiatan penyemprotan disinfektan ini tetap akan dilakukan di area masjid meski pandemi virus Corona telah usai di Indonesia. Dia mengatakan, pada situasi normal Masjid Istiqlal biasa dikunjungi sekitar 200 ribu orang setiap salat Jumat.

Untuk itu, dia menambahkan penting tetap menjaga kebersihan seluruh area masjid dengan tetap melakukan penyemprotan disinfektan.

"Tiap hari Jumat itu (dalam kondisi normal) ada 200 ribu orang. Nah, setelah salat Jumat itu karena kita nggak tau apakah batuk, napas mereka bersih atau nggak, maka sehabis salat Jumat itu kami harap terus dilakukan penyemprotan (disinfektan)," ujar Nasaruddin.

"Terutama masa-masa sekarang kan, kalau nanti sudah selepas COVID-19 mereda, kami tetap mohon dilakukan (penyemprotan disinfektan), karena virus itu kan tidak satu macam ya. Pokoknya makin sering akan makin bagus," sambungnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2