Tak Perlu Buru-buru, Ada Dispensasi Perpanjangan SIM hingga 29 Juni

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 09:50 WIB
Peserta mengikuti ujian teori Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot, Jakarta, Selasa (12/5/2020). Kepala Seksi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Lalu Hedwin memperkirakan semasa pandemi COVID-19 aktivitas pembuatan SIM mengalami penurunan mencapai 75 persen dari hari biasa. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc.
Foto: Ilustrasi SIM (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta -

Antrean membeludak sempat terjadi di sejumlah Satpas SIM pada saat perpanjangan SIM pada Selasa (2/6) kemarin. Masyarakat diharapkan tidak memaksakan untuk memperpanjang SIM hari ini karena ada dispensasi hingga akhir Juni 2020 nanti.

"Dispensasi perpanjangan diberikan sampai 29 Juni," kata Kasie SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin saat dihubungi detikcom, Rabu (3/6/2020).

Bagi masyarakat yang jatuh temponya masih lama diimbau untuk tidak perlu tergesa-gesa memperpanjang SIM hari ini. Polisi memberikan prioritas bagi warga yang jatuh temponya sudah dekat.

"Kita imbau yang masa berlaku masih panjang tunda dulu," katanya.



Hari ini, layanan perpanjangan SIM kembali dibuka. Untuk mengantisipasi antrean panjang, polisi menyiapkan layanan SIM keliling di TMII, Jakarta Timur.

"Untuk di Satpas SIM Daan Mogot kita tambah pelayanan di depan," kata Lalu.

Sebelumnya diberitakan, antrean panjang terjadi pada saat perpanjangan SIM pada Selasa (2/6) kemarin. Seperti di Samsat Jakarta Timur, warga antrean membeludak.

Hal serupa juga terjadi di Polres Metro Tangerang Kota. Warga bahkan mengantre untuk masuk ke Markas Polres Metro Tangerang Kota hingga ke jalanan.

(mei/mei)