Gerindra soal Pembatalan Haji 2020: Sudah Benar, Keselamatan Rakyat Diutamakan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 05:56 WIB
Sufmi Dasco Ahmad (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Foto: Sufmi Dasco Ahmad (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya mendukung keputusan Kementerian Agama (Kemenag) soal pembatalan Haji tahun 2020. Dasco mengungkap keselamatan rakyat harus diutamakan.

"Ya menurut saya ibadah Haji itu kan bagi umat Muslim menunaikan rukun Islam yang terakhir, dan bagi yang sudah betul mampu, siap jasmani dan rohani itu kemudian belum afdol kalau belum melakukan ibadah haji," kata Dasco saat dihubungi, Selasa (2/6/2020) malam.

"Namun di situasi pandemi sekarang ini keselamatan daripada rakyat itu juga harus diutamakan. Oleh karena itu keputusan Menag yang membatalkan ibadah Haji tahun ini menurut saya sudah benar. Apalagi dengan belum ada kepastiannya negara Arab Saudi apakah menerima jemaah haji dari Indonesia juga belum ada kepastian," sambung Dasco.

Apalagi menurutnya, persiapan pemberangkatan haji memerlukan tahapan-tahapan yang panjang. Hal itu dinilainya juga memerlukan waktu yang tidak sebentar.

"Sementara persiapan persiapan ibadah Haji itu kan juga membutuhkan persiapan yang macam-macam, angkutan katering dan lain-lain sehingga harus disiapkan prima," ujarnya.

Simak video 'Haji Dibatalkan, Gabungan Asosiasi Minta Ketemu Kemenag dan BPKH':

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2