Nadiem Tunjuk Chatarina Girsang Jadi Plt Irjen Kemendikbud

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 22:27 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim mengaku jengkel karena dituding konflik kepentingan (conflict of interest) terkait bayar SPP menggunakan GoPay.
Nadiem Makarim (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengganti Inspektur Jenderal (Irjen) di lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Nadiem menunjuk Chatarina Muliana Girsang menggantikan Muchlis Rantoni Luddin.

Hal ini tertuang dalam Surat Perintah Nomor 47184/MPK/RHS/KP/2020 Mendikbud yang diteken Nadiem pada Rabu (27/5/2020). Dalam surat itu, Chatarina, yang menjabat Staf Ahli Mendikbud Bidang Regulasi Pendidikan dan Kebudayaan, ditunjuk menjadi Plt Irjen Kemendikbud per 1 Juni 2020.

"Terhitung mulai per 1 Juni 2020 sampai dengan ditetapkannya pejabat definitif bertindak sebagai Pelaksana Tugas (plt) Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," tulis Nadiem dalam suratnya yang dikutip detikcom, Selasa (2/6/2020).

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na'im membenarkan adanya pergantian jabatan tersebut. Dia menjelaskan pergantian jabatan itu adalah prosedur standar karena usia Muchlis sudah mencapai usia pensiun.

"Pak Muchlis memang sudah tidak menjadi Irjen, sebab sudah memasuki usia pensiun bagi Pejabat Tinggi, yaitu 60 tahun. Proses Keppres-nya sudah lama. Kalau sebagai profesor batas usia pensiun 70 tahun. Tapi untuk pejabat eselon 1, 60 tahun. Jadi itu standar saja," jelas Ainun kepada detikcom saat dikonfirmasi, Selasa (2/6).

"Juga tidak dicopot, tapi memang sudah habis masa tugasnya," sambung Ainun.

(gbr/gbr)