Istri Nurhadi Ikut Diamankan, KPK: Statusnya sebagai Saksi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 19:22 WIB
Komisi III DPR hari ini memulai uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) bagi calon pimpinan KPK. Salah satu yang diuji adalah Nurul Ghufron.
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

KPK turut mengamankan Tin Zuraida, istri eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi, kemarin malam. KPK menjelaskan status Tin Zuraida saat ini sebagai saksi.

"Juga dibawa ke KPK itu istrinya NHD (Nurhadi). Memang benar kami juga membawa serta selain DPO, yaitu NHD (Nurhadi) dan RHE (Rezky Herbiyono), juga istri dari NHD (Tin Zuraida), statusnya sebagai apa? Statusnya sebagai saksi," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada wartawan, Selasa (2/6/2020).

Ghufron menjelaskan alasan Tin turut diamankan saat penangkapan Nurhadi dan Rezky. Kata dia, Tin kerap mangkir ketika dipanggil KPK untuk diperiksa sebagai saksi. Menurut Ghufron, yang dilakukan KPK sesuai dengan ketentuan dalam KUHAP.

"Kenapa dibawa? Sebagaimana ketentuan undang-undang hukum acara pidana, terhadap orang yang dipanggil secara sah dua kali berturut-turut tidak hadir maka panggilan selanjutnya dengan perintah untuk membawa, jadi statusnya membawa ke KPK dalam status sebagai saksi," ujar dia.

Tin Zuraida memang sebelumnya beberapa kali dipanggil oleh KPK untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus Nurhadi tersebut. Namun, Tin kerap mangkir dari panggilan penyidik KPK.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2