13 Travel Gelap Hendak Masuk Depok Diamankan Petugas Selama Hampir Sepekan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 13:54 WIB
Polisi amankan travel gelap yang hendak masuk Depok
Polisi mengamankan mobil travel gelap yang hendak masuk Depok. (Foto: dok. Istimewa)
Depok -

Tim patroli gabungan mengamankan sejumlah kendaraan yang hendak masuk ke Kota Depok. Kendaraan tersebut mengangkut pemudik yang kembali ke Jakarta lewat Depok.

"Di sini kami mengamankan 13 kendaraan yang ingin masuk Jakarta dengan (cara) mengelabui petugas menggunakan pelat hitam," kata Kapolresta Depok Kombes Azis Andriansyah kepada wartawan di Mapolresta Depok, Jalan Margonda Raya, Depok, Selasa (2/6/2020).

Sebanyak 13 mobil travel gelap itu diamankan di beberapa titik perbatasan dan di ruas jalan tol. Belasan mobil travel gelap itu merupakan hasil patroli gabungan Satlantas Polresta Depok, Dishub Depok, dan Satpol PP Depok pada 30 Mei hingga 1 Juni 2020.

"Ini merupakan hasil patroli gabungan sistem hunting dan pemeriksaan di check point," imbuhnya.



Azis mengatakan pihaknya tidak hanya melaksanakan pemeriksaan di check point. Polisi dan tim terkait juga melaksanakan patroli pada malam hari untuk mengantisipasi adanya warga yang balik dari kampung halamannya.

Ia menambahkan kendaraan yang diamankan tersebut melanggar Perwali dan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Hasil kegiatan tersebut kita mendapatkan beberapa angkutan orang yang masuk ke arah Jakarta melewati Depok yang menyalahi aturan PSBB atau berpotensi menyebarkan virus Corona, di antaranya kendaraan pelat hitam yang menyalahi PSBB dan UU Lalu Lintas, tepatnya melanggar Pasal 308 dengan ancaman kurungan 2 bulan dan atau denda Rp 500 ribu," tandasnya.

(mea/mea)