Tentang Malaikat Pencatat Amal Baik dan Buruk

Tim Hikmah detikcom - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 20:34 WIB
ilustrasi malaikat
Foto: Getty Images/iStockphoto/undefined undefined/Tentang Malaikat Pencatat Amal Baik dan Buruk
Jakarta -

Baru-baru ini viral adanya aplikasi malaikat bernama Raqib Atid. Aplikasi itu muncul di Play Store, sedangkan di App Store tidak ada.

Seperti dilihat, Senin (1/6/2020), aplikasi itu kini sudah berganti nama menjadi Muhasabah. "Apps hanya untuk muhasabah bukan yang lain. Hisablah dirimu sebelum dihisab Allah." Begitu tentang aplikasi tersebut.

Aplikasi Muhasabah sudah didownload oleh sekitar 10 ribu orang. Ada yang pro dan kontra atas aplikasi itu.

Terlepas dari itu, dalam buku Ensiklopedia Anak-anak Muslim karya Al-Mawsu'ah lil Affaal Al Muslimiin, disebutkan, berdasarkan keterangan dalam Al Quran dan sunah, malaikat adalah makhluk Allah yang mempunyai beberapa sifat. Malaikat merupakan makhluk yang dijadikan Allah dari nur atau cahaya.

Malaikat tidak memiliki tubuh seperti manusia dan tidak berjenis kelamin. Namun malaikat bisa menjelma menjadi berbagai bentuk sesuai izin Allah.

Malaikat dikaruniai akal tetapi tidak diberi nafsu. Malaikat tidak makan, tidak minum, tidak istirahat, dan tidak tidur. Selain itu malaikat tidak melakukan dosa atau durhaka kepada Allah, Malaikat selalu taat melaksanakan tugas-tugas yang diberikan Allah dan mereka selalu beribadah kepada-Nya.

Setiap umat Islam wajib percaya akan adanya malaikat. Dalam Islam, percaya kepada malaikat adalah salah satu dari rukun iman.

Jumlah malaikat tidak ada yang tahu. Hanya Allah saja yang tahu jumlah malaikat. Hanya 10 malaikat yang wajib diketahui. Setiap malaikat memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu Allah kepada rasul-rasul-Nya. Malaikat Mikail bertugas menurunkan hujan, menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, dan mengurus rezeki.

Malaikat Israfil bertanggungjawab meniup sangkakala pada hari kiamat. Malaikat Izrail bertugas mengambil nyawa setiap makhluk yang bernyawa apabila tiba waktunya.

Malaikat Munkar dan Nakir bertugas menanyai orang yang mati di dalam kibur. Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga, malaikat Malik menjaga pintu neraka.

Sedangkan Malaikat Raqib mencatat amal baik manusia. Sedangkan Malaikat Atid bertugas mencatat amal buruk manusia.

Keberadaan Malaikat Raqib dan Malaikat Atid digambarkan dalam Al Quran Surat Qaf ayat 17-18:

اِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيٰنِ عَنِ الْيَمِيْنِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيْدٌ - ١٧

(Ingatlah) ketika dua malaikat mencatat (perbuatannya), yang satu duduk di sebelah kanan dan yang lain di sebelah kiri.

50:18
مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ اِلَّا لَدَيْهِ رَقِيْبٌ عَتِيْدٌ - ١٨

Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat).

Umat Islam harus percaya bahwa Malaikat Raqib dan Malaikat Atid melihat dan mencatat segala amal yang kita lakukan. Kita juga harus percaya bahwa amal yang dicatat itu akan ditunjukkan kembali pada hari akhirat dan Allah akan memberikan balasan berdasarkan catatan itu.

(nwy/erd)