SBY Kenang Setahun Bu Ani Meninggal: Tahun Terberat Telah Kulalui

M Ilman Nafi'an - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 19:14 WIB
Kemesraan SBY dan Ani Yudhoyono
Kemesraan SBy dan Ibu Ani Yudhoyono/Foto: Instagram
Jakarta -

Tanggal 1 Juni 2019 lalu, kabar duka datang dari keluarga Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Istri tercinta sekaligus mantan ibu negara, Ani Yudhoyono meninggal dunia di salah satu rumah sakit di Singapura dalam perawatan penyakit kanker yang dideritanya.

Kesedihan pun tak hanya dirasakan oleh keluarga Cikeas, tapi juga oleh segenap masyarakat Indonesia. Ucapan bela sungkawa kala itu silih berganti berdatangan, baik karangan bunga yang dikirim ke rumah duka atau berbagai doa dipanjatkan melalui lini masa dari masyarakat.

Tepat hari ini, telah satu tahun wanita berjuluk "Flamboyan" itu menghadap Ilahi. SBY pun menuliskan kenangan selama satu tahun selepas kepergian istri tercinta yang diunggah di akun Facebook-nya. Dalam tulisan itu, SBY menceritakan masa-masa sulit ketika pertama kali ditinggal pergi oleh belahan jiwa.

"Alhamdulillah, tahun terberat dalam hidupku telah kulalui ~ 1 Juni 2019 - 1 Juni 2020. Setahun sudah Ani Yudhoyono, belahan jiwaku, menghadap Sang Pencipta, Allah SWT. Istirahatlah dengan tenang Memo, cintaku abadi bersamamu. Bawalah kenangan indah bersamaku dan semua orang yang sangat kau sayangi ~ Agus, Annisa dan Aira, serta Ibas, Aliya, Airlangga, Sakti dan Gayatri," tulis SBY seperti dilihat detikcom, Senin (1/6/2020).

Dengan bisa melewati satu tahun pertama kepergian Ani, SBY berharap dapat melewati tahun demi tahun menjadi lebih kuat, meski tanpa sang belahan jiwa di sisinya. Dalam tulisannya itu, SBY tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Tuhan karena selalu memberikan bimbingan kehidupan meski tanpa kehadiran Ani.

"Hari ini, 1 Juni 2020, ketika aku terbangun dari tidurku, aku tersadar. Tersadar bahwa ini adalah hari yang baru dalam perjalanan hidupku. Perjalanan jiwa dan hatiku ke depan. Dalam perenungan panjang yang aku lakukan, kini aku tahu bahwa hidup hakikatnya juga tentang "merelakan". Merelakan kepergian orang yang sangat dicintai," ucapnya.

Pensiunan jenderal bintang empat itu menceritakan, di bulan pertama kepergian Ani, dirinya langsung menuliskan lagu berjudul "Flamboyan Itu Telah Pergi"'. Menurutnya, lagu itu sebenarnya sudah diminta oleh Ani di hari terakhirnya.

Simak video 'Museum dan Galeri Seni SBY*ANI Siap Dibangun di Pacitan':

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2