Para Kepala Daerah Juga Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 09:06 WIB
Peringatan hari lahir Pancasila secara virtual
Peringatan hari lahir Pancasila secara virtual. (Foto: BPMI Setpres)
Jakarta -

Peringatan hari lahir Pancasila yang diikuti para pejabat pertama kali digelar secara virtual. Pejabat tingkat pusat dan daerah mengikuti peringatan hari lahir Pancasila.

Dilihat dari saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (1/6/2020), pejabat yang hadir antara lain Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Kepala BPIP Yudian Wahyudi.

Untuk tingkat menteri dan pejabat setingkat menteri, mereka yang hadir antara lain Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensesneg Pratikno, Menhan Prabowo Subianto, Menag Fachrul Razi, Mensos Juliari Batubara, Menkeu Sri Mulyani, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, Mendagri Tito Karnavian, hingga Menkop dan UKM Teten Masduki.



Kepala daerah se-Indonesia juga mengikuti upacara yang digelar secara virtual ini. Mereka yang hadir antara lain Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Gubernur Sumsel Herman Deru, Gubernur Jambi Fachrori Umar, Gubernur Maluku Murad Ismail, Gubernur Kalbar Sutarmidji, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Banten Wahidin Halim, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, hingga Plt Gubernur Kepri Isdianto.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam amanatnya mengajak penyelenggara di pusat sampai daerah terus berpihak kepada masyarakat. Terutama, kepada masyarakat yang saat ini mengalami kesulitan.



"Tidak henti-hentinya saya mengajak seluruh penyelenggara negara, dari pusat sampai ke daerah untuk terus meneguhkan keperbihakan kita kepada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan," ujar Jokowi.

"Untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras, dan agama serta memenuhi kewajiban kita melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia," kata Jokowi.

Ini kali pertama upacara peringatan hari lahir Pancasila digelar secara virtual. Biasanya, upacara digelar di halaman gedung Pancasila, Jl Pejambon, Jakarta Pusat. Setelahnya, pimpinan daerah masing-masing juga menggelar upacara dan membacakan amanat presiden.

Jokowi Peringati Hari Lahir Pancasila Melalui Konferensi Video:

(dkp/dnu)