Round-Up

Pemerintah Terus Matangkan Aturan Akad Nikah di Tengah Wabah

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 07:00 WIB
Berbagai upaya untuk mencegah virus Corona dilakukan oleh sejumlah pihak. Salah satunya prosesi akad nikah yang dilakukan susai protokol pencegahan COVID-19.
Ilustrasi prosesi akad nikah sesuai protokol COVID-19. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Pemerintah sedang menyiapkan sejumlah aturan menuju era pola hidup normal yang baru atau new normal. Aturan yang digodok itu termasuk kegiatan akad nikah yang terus dimatangkan.

Skema pernikahan calon pengantin di tengah wabah sebenarnya sudah dibicarakan sejak Maret 2020. Namun lantaran penyebaran Corona belum juga mereda, ditambahkan rencana penerapan new normal, maka aturan tentang pernikahan juga dievaluasi.

Selama wabah Corona, Kementerian Agama (Kemenag) semula hanya melayani pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA). Ketika itu biaya yang sudah dibayarkan calon pengantin yang mendaftar pencatatan nikah di luar KUA dikembalikan.

Namun, menjelang penerapan new normal ini, Kemenag kembali menyiapkan sejumlah aturan. Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan, salah satu yang digodok yakni prosesi akad nikah di luar KUA.

"Selama ini akad nikah hanya di kantor KUA, kita sedang godok untuk di luar KUA," kata Kamaruddin, kepada wartawan, Minggu (31/5/2020).

Kamaruddin memperkirakan, aturan terkait pernikahan selama new normal rampung pekan depan.

"Aturan tentang pernikahan sedang digodok. Insyaallah minggu depan (rampung)" ujarnya.

Tonton juga video 'Lockdown karena Corona, Bisa Nikah Online di New York':

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2