20 Makam Warga Tionghoa di Aceh Barat Tergerus Abrasi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 05:04 WIB
Warga melakukan ziarah kubur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta, Senin (25/5/2020). Tradisi ziarah kubur pada Hari Raya Idul Fitri masih dilakukan warga meskipun sudah ada imbauan untuk tidak berkerumun sesuai aturan PSBB yang masih diberlakukan di Provinsi DKI Jakarta. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
ilustrasi (Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Aceh Barat -

20 makam warga keturunan Tionghoa di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, tergerus abrasi. Akibatnya, sebagian makam mengalami kerusakan.

Pemakaman Tionghoa itu berlokasi di tepi pantai Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

"Ada sekitar 20 makam yang saat ini sudah diterjang abrasi dan sudah berada di laut," ujar Kepala Desa Suak Ribee, Meulaboh, Aceh Barat, Teuku Razali, dilansir dari Antara, Minggu (1/6/2020).

Gerusan abrasi dilaporkan sering terjadi sejak 2 minggu terakhir. Razali menilai puluhan makam akan terlepas ke laut bila tidak segera ada penanganan.

Razali telah mewanti-wanti penjaga makam untuk segera mengubungi para ahli waris. Sehingga makam dapat dibongkar sebelum terendam banjir dan jasad dapat dipindahkan.

"Terjangan abrasi ini sudah semakin parah, tidak hanya makam yang tergerus. Sebagian besar tanah dan lokasi usaha masyarakat yang berada di sepanjang bibir pantai Meulaboh juga ikut amblas ke laut," kata Teuku Razali

(isa/isa)