Pernyataan Lengkap Pemerintah soal 26.473 Kasus Positif Corona Per 31 Mei

tim detikcom - detikNews
Minggu, 31 Mei 2020 18:13 WIB
Achmad Yurianto
Juru bicara pemerintah terkait penanganan COVID-19, Achmad Yurianto. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Pemerintah terus memperbarui data kasus konfirmasi positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Per hari ini tercatat sebanyak 26.473 orang positif Corona, lalu sebanyak 1.613 orang meninggal dunia, dan 7.308 orang dinyatakan sembuh.

"Hari ini kita telah memeriksa 11.470 spesimen sehingga total menjadi 323.376 spesimen. Dari pemeriksaan tersebut kita dapatkan konfirmasi positif naik 700 orang sehingga jadi 26.473 orang," kata juru bicara pemerintah terkait penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, dalam keterangan pers yang ditayangkan akun YouTube BNPB, Minggu (31/5/2020).

Yuri menyebut dari data itu sebanyak 5 provinsi masih menunjukkan angka pasien positif yang cukup tinggi. Kelima Provinsi itu ialah Jawa Timur, DKI Jakarta, NTT, Jawa Tengah, dan Sulawesi Utara. Yuri pun memastikan, hal ini berarti masih ada penularan Corona di tengah masyarakat hingga saat ini.

"Saudara-saudara gambar-gambaran inilah yang kemudian kita yakini bawah penularan masih terjadi, bahwa kasus baru masih terus bertambah artinya masih ada orang sakit, masih ada orang berpenyakit yang membawa virus ini yang berada di tengah masyarakat. Oleh karena itu, mari kita hati-hati agar tidak tertular, jaga jarak secara fisik dengan siapapun kemudian gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun, ini prasyarat paling penting. Hindari Kerumunan, atur kegiatan sosial kita agar tidak menimbulkan kerumunan dan penumpukan. Oleh karena inilah yang jadi salah satu yang harus kita biasakan di dalam hadapi kenormalan yang baru," ujar Yuri.

Berikut ini pernyataan lengkap pemerintah:

Selanjutnya
Halaman
1 2