KJRI Gambarkan Situasi Minnesota-Chicago Lokasi Demo Kematian Floyd

tim detikcom - detikNews
Minggu, 31 Mei 2020 15:35 WIB
Aksi protes atas kematian George Floyd meluas hampir di seluruh Amerika Serikat. Begini potret demo memprotes pembunuhan Floyd oleh polisi diberbagai tempat.
Potret Demo Kematian George Floyd di Berbagai Tempat (AP Photo)
Jakarta -

Unjuk rasa terkait kasus kematian pria kulit hitam di Amerika Serikat (AS), George Floyd, meluas. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) untuk Chicago melaporkan kondisi di dua daerah yang terkena dampak akibat demonstrasi kematian Floyd, yakni Minnesota dan Kota Chicago.

Dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Minggu (31/5/2020), KJRI menjelaskan situasi terkini dua daerah tersebut. Untuk situasi di Minnesota, KJRI Chicago menjelaskan demonstrasi kematian Floyd terus terjadi di Twin Cities, yakni Minneapolis dan St Paul hingga Sabtu kemarin. Massa juga mulai masuk ke ruas jalan tol dan melakukan penjarahan dan pembakaran di sejumlah toko hingga pom bensin.

"Massa terkonsentrasi di kantor polisi 5 th Precinct berjarak 5 km dari 3 rd Precinct yang dibakar malam sebelumnya. Pengunjuk rasa juga tercatat memasuki jalan tol sehingga menyebabkan kemacetan, dan kembali melakukan aksi penjarahan toko pom bensin, dan serta pembakaran terhadap sejumlah tempat usaha lainnya," kata KJRI Chicago.

KJRI Chicago menyebut Pemerintah Kota Minneapolis dan St. Paul telah menetapkan perpanjangan jam malam sampai Minggu (31/5) dan diikuti sejumlah kota lain, seperti Maple Grove, Robbinsondale, Edina, Brooklyn Park, Bloomington, Richfield, Roseville, dan Anoka County. KJRI mengatakan hingga kini sudah ada lebih dari 70 pendemo yang ditangkap polisi.

"Kepolisian Minnesota telah menahan setidaknya lebih dari 70 orang pengunjuk rasa yang tertangkap tangan melakukan perusakan dan melanggar ketentuan jam malam," sebutnya.

Aksi demonstrasi kematian Floyd ini disebut aksi massa terbesar dalam sejarah Minnesota. Untuk itu, KJRI Chicago menyebut total ada 2.500 personel pengamanan yang dikerahkan pemerintah Minnesota. Tak hanya itu, Pentagon juga berencana menurunkan pasukan militer jika situasi terus memburuk.

"Departemen Transportasi Minnesota mengumumkan menutup 5 akses ruas tol menuju kota Minneapolis mulai pukul 19.00 malam waktu setempat, guna memblokir akses masuknya kelompok-kelompok tidak bertanggungjawab yang diduga berasal dari luar kota," sebutnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2