Khofifah: Sinergitas & Integritas Adalah Keyword Penanganan COVID-19

Mega Putra Ratya - detikNews
Sabtu, 30 Mei 2020 22:14 WIB
gubernur khofifah
Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Jakarta -

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebut jika kata kunci sukses penanganan penyebaran Covid-19 adalah sinergitas dan integritas.

"Sinergitas dan integritas adalah keyword yang harus kami ikhtiarkan bersama," ungkap Khofifah, Sabtu (30/5/2020).

Khofifah menyampaikan hal itu ketika menerima kedatangan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan II) Marsekal Muda Imran Baidirus dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Drs. Agus Andriyanto, S.H.,M.H di Gedung Negara Grahadi pada Jumat (29/5) malam.

Kehadiran Pangkogabwilhan II dan Kabaharkam Polri ini sebagai bentuk tindak lanjut atas instruksi Presiden Joko Widodo untuk memberi perhatian bagi Jawa Timur dimana kasus positif Covid-19 masih mengalami peningkatan.

Terlepas dari bentuk perhatian tersebut, Gubernur Khofifah menyebut bahwa kehadiran keduanya juga diharapkan bisa memberi penguatan bagi jajaran Pemprov dan Forkopimda Jatim.

"Hal ini yang menjadi penyatu langkah bagi jajaran Forkopimda Jatim untuk meningkatkan sinergitas di semua lini," imbuh orang nomor satu Jatim ini.

Dirinya juga menambahkan, arahan dari Pangkogabwilhan II dan Kabaharkam akan jadi catatan penting bagi Pemprov Jatim untuk bisa memaksimalkan ikhtiar dalam penanganan Covid-19. Terlebih dengan adanya arahan Presiden RI menuju New Normal Life, hal ini tentunya akan sangat membantu.

"Apalagi per hari ini makin banyak yang perlu dipersiapkan menuju New Normal Life," pungkasnya.

Senada dengan Gubernur Khofifah, Marsekal Muda Imran juga berharap agar kedatangannya kali ini bisa membantu beban dan mendukung sepenuhnya upaya dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Harapannya adalah apa yang menjadi beban tugas pemprov Jatim, Kabarhankam Polri akan bersinergi dan mendukung sepenuhnya," ujarnya.

Setelah sebelumnya meninjau langsung RS Lapangan Pemprov Jatim di Jl. Indrapura Surabaya, Pangkogabwilhan II juga telah mengunjungi Kampung Tangguh Wani Suroboyo. Dirinya menilai Kampung Tangguh yang berlokasi di kawasan Sidotopo Surabaya itu sangatlah bagus. Dirinya meyakini jika Kampung Tangguh bisa dioptimalkan akan sangat bagus untuk menekan penyebaram Covid-19.

Sama halnya dengan Marsekal Muda Imran, Kabaharkam Polri Agus Andriyanto, juga mendukung penuh langkah Pemprov Jatim terutama Kampung Tangguhnya. Dirinya menyebut bahwa Polri akan terus mengawal dan melakukan evaluasi terkait efektifitas Kampung Tangguh.

"Jajaran Polri akan memantau dan mengevaluasi Kampung Tangguh, agar bisa efektif menekan penyebaran Covid-19. Jika memang dirasa tepat, maka akan dijadikan role model," tuturnya.

Kedua Jenderal tersebut juga menyampaikan akan segera melaporkan hasil dari kunjungan kali ini, baik ke Kapolri dan Panglima TNI di Jakarta untuk kemudian bisa dilakukan tindak lanjut yang lebih massive, utamanya terkait persiapan menuju New Normal Life.

(ega/mpr)