1 Anggota KKB di Puncak Jaya Papua Menyerahkan Diri, Kembali ke NKRI

Wilpret Siagian - detikNews
Sabtu, 30 Mei 2020 09:13 WIB
Kapolres Puncak Jaya AKBP Mikael Suradal menerima satu anggota KKB bernama Cari Jalan Telenggen yang menyerahkan diri.
Foto: Kapolres Puncak Jaya AKBP Mikael Suradal menerima satu anggota KKB bernama Cari Jalan Telenggen yang menyerahkan diri. (Istimewa)
Jayapura -

Satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) dari wilayah Yambi, Kabupaten Puncak Jaya, Papua bernama Cari Jalan Telenggen menyerahkan diri. Dia menyatakan kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penyerahan diri Cari Jalan Telenggen ini diterima Kapolres Puncak Jaya AKBP Mikael Suradal dan Kepala Distrik Gurage Usman Telenggen bertempat di Mapolres Puncak Jaya, Jumat (29/5/2020). Mikael Suradal berharap anggota KKB lainnya mengikuti jejak Cari Jalan Telenggen itu.

"Saya ucapkan terima kasih kepada saudara Cari Jalan Telenggen yang telah bersedia dengan sadar dan tanpa paksaan kembali ke pangkuan NKRI. Semoga dengan kembalinya saudara menjadi contoh bagi teman-teman yang masih bergabung dengan kelompok kriminal bersenjata yang lainnya," ujar Mikael Suradal saat menerima Cari Jalan Telenggen.


Mikael Suradal menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkab Puncak Jaya terkait hak-hak Cari Jalan Telenggen sebagai warga negara Indonesia.

"Nanti masalah hak saudara sebagai warga negara Indonesia, kami akan koordinasikan dengan pemerintah daerah," ujarnya.

Kemudian, Kapolres Puncak Jaya, Wakapolres Puncak Jaya, Dansatis Maleo dan Cari Jalan Telenggen melakukan foro bersama dengan membentangkan bendera merah putih. Kapolres Puncak Jaya juga menyerahkan paket sembako kepada Cari Jalan Telenggen.

"Hari ini kami menerima Anggota KKB Yambi, atas nama Cari Jalan Telenggen yang menyatakan diri bersedia kembali ke pangkuan NKRI, atas kesadaran saudara ini kita ucapkan terima kasih," ujarnya.

Untuk selanjutnya, kata Mikael, penyerahan diri Cari Jalan Telenggen secara sah akan dilakukan di hadapan para Forkopimda yakni Bupati Puncak Jaya, Dandim serta Ketua DPRD Puncak Jaya yang waktunya akan diatur kemudian.

(idh/idh)