Round-Up

Asa Para Pakar demi Target Pemeriksaan Spesimen Corona Tak Meleset

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 21:58 WIB
Prodia menyediakan pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA dengan metode real-time RT-PCR (PCR COVID-19) yang mendeteksi 3 (tiga) target gen sekaligus yaitu Gen E, N, dan RdRP sesuai dengan protokol yang ditetapkan World Health Organization (WHO)
Ilustrasi tes PCR uji spesimen (Foto: dok. Prodia)
Jakarta -

Pemeriksaan spesimen terkait virus Corona (COVID-19) di Indonesia memenuhi target dalam tiga hari berturut-turut. Para pakar menaruh asa agar pencapaian ini tetap dijaga. Semata-mata supaya target tak meleset.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menteri dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengejar target 10 ribu spesimen tes virus Corona per hari. Target itu sudah disampaikan Jokowi pada 13 April lalu.

"Saya minta, target uji spesimen 10 ribu per hari yang sudah saya berikan target beberapa bulan lalu agar ini dikejar, sehingga betul-betul ada sebuah kecepatan," kata Jokowi dalam rapat terbatas (ratas) melalui konferensi video dengan para menteri dan jajaran terkait, yang ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (27/5/2020).

Akhirnya, target itu tercapai. Pemerintah memeriksa 11.495 spesimen terkait virus Corona pada Kamis (28/5), sehingga total spesimen yang diperiksa mencapai 289.906.

"Hari ini spesimen yang telah kita periksa sebanyak 11.495. Dari jumlah sebanyak itu, kurang lebih akumulasinya mencapai 289.906 spesimen," kata juru bicara pemerintah terkait penanganan COVID-19 Achmad Yurianto dalam tayangan yang disiarkan di akun YouTube BNPB, Kamis (28/5).

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3