AGP Sumbang Alat Kesehatan untuk ICU Ibu-Anak di RSCM

Deden Gunawan - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 19:55 WIB
Jusuf Hamka dan pengurus Yayasan Artha Graha Peduli
Jusuf Hamka dan Tim Artha Graha Peduli di RSCM (Foto: Dok. AGP)
Jakarta -

Artha Graha Peduli (AGP) memberikan dukungan peralatan kesehatan Intensive Care Unit (ICU) untuk ibu hamil, bayi, dan anak-anak dengan infeksi Covid-19 di RSCM, Jumat (29/5). Bantuan diterima oleh spesialis anak dan pakar bayi prematurRSCM Dr dr Rinawati Rohsiswatmo SpA(K).

"Sumbangan ini menjadi bagian dari upaya AGP dalam membantu penanganan pandemi corona di Tanah Air," kata Pembina Rumah Sakit Lapangan AGP Jusuf Hamka kepada detik.com.

Dokter AGP Aulia Wijaya menambahkan, dukungan untuk ICU ini adalah bagian dari kepedulian AGP kepada ibu hamil, bayi, dan anak dalam mengatasi atau penanganan covid-19. Peralatan kesehatan yang diserahkan antara lain 1 unit Infant Warmer, 6 unit Infant Incubator, 2 unit Ventilator Bayi, 1 unit Incubator Transport, 2 unit Patient Monitor, dan 2 Timbangan Bayi Digital.

Sebelumnya, terkait penanganan pandemi COVID-19, AGP mendirikan rumah sakit lapangan di kawasan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Rumah sakit ini antara lain menyediakan 300 rapid test setiap hari. Rumah sakit lapangan ini terdiri dari empat tenda, masing-masing untuk ruang tunggu pendaftaran, pengecekan riwayat penyakit dan pengecekan suhu. Dua tenda untuk pengecekan rapid test lebih lanjut seperti pengambilan sampel darah. Selain itu terdapat ruang untuk isolasi

(jat/jat)