Masjid Al Barkah Bekasi Gelar Salat Berjemaah, Kapasitas Dibatasi 500 Orang

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 17:24 WIB
Salat berjemaah di Masjid Al Barkah
Foto: Salat berjemaah di Masjid Al Barkah - Yogi E
Jakarta -

Masjid Agung Al Barkah di kota Bekasi mulai hari ini kembali melaksanakan salat berjemaah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pengurus masjid tetap membatasi jumlah jemaah yang bisa salat berjamaah di masjid.

Pengurus Sekretariat Masjid Al Barkah, Ismail mengatakan selama pandemi berlangsung kapasitas masjid hanya akan dibuka untuk maksimal 500 jemaah dari total kapasitas masjid yang mencapai 2.000 jemaah.

"Iya, jemaah yang ada di dalam masjid itu baik lantai satu dan dua hanya untuk 500 orang saja saat ini. Tapi kalau tadi di salat Jumat kan ada sekitar 800 ya karena sampai halaman luar. Untuk salat biasa kaya tadi paling 50 sampai 100 ya," kata Ismail ditemui di Masjid Al Barkah, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/5/2020).

Ismail juga menyebutkan selama salat lima waktu berlangsung, pihak TNI-Polri juga akan turut melakukan pendampingan penjagaan di sekitar area masjid. Dia mengatakan akan terus mengimbau warga untuk mengikuti protokol kesehatan yang telah diterapkan jika ingin melakukan salat berjamaah di masjid.

"Kita sudah menyiapkan sedemikian rupa aturan ya. Kita imbau terus warga seperti membawa masker, itu wajib, masing-masing membawa alat salat sendiri dari rumah. Aturan salat juga kita jaga jarak jadi salat-nya tidak terlalu rapat," sebut Ismail.

Ismail juga sadar dengan adanya kemungkinan warga dari zona merah yang ingin melaksanakan salat berjemaah di masjid Al Barkah. Dia mengatakan pengawasan akan dilakukan mulai dari pintu masuk dengan adanya pengecekan suhu tubuh untuk memastikan tiap warga yang masuk ke area masjid berada dalam keadaan sehat.

"Jadi, kita buat sedemikian rupa dengan membuat keadaan jemaah yang masuk Al Barkah sehat dengan cek suhu tubuh itu ya kalau di atas ketentuan atau tinggi pasti enggak boleh ya. Jadi untuk warga yang berada di zona kuning atau merah yang enggak bisa melaksanakan salat berjemaah untuk sementara harus bersabar, dan tetap salat di rumah masing-masing untuk mencegah penyebaran dan penularan COVID," tandasnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2