Pemerintah Pantau 49.212 ODP dan Awasi 12.499 PDP di RI Per 29 Mei

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 16:11 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono/detikcom
Jakarta -

Pemerintah mengumumkan data pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP) virus Corona di Indonesia. Hari ini ada 12.499 PDP yang diawasi dan 49.212 ODP yang dipantau.

Data ini disampaikan juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto dalam jumpa pers yang disiarkan langsung lewat kanal YouTube BNPB. Yuri menyampaikan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per hari ini, Jumat (29/5/2020), pukul 12.00 WIB.

Yuri juga memaparkan soal kasus positif Corona per hari ini yang sudah mencapai 25.216 orang. Sementara itu, kasus sembuh menjadi 6.492 dan kasus meninggal 1.520.

Yuri mengatakan tambahan kasus positif di beberapa provinsi mengalami kenaikan. "Kalau kemudian lebih rinci lagi bahwa kasus ini tak merata di 24 provinsi, ada beberapa provinsi yang kemudian kasusnya meningkat dalam kaitan ini 5 provinsi terbanyak tingkatannya, DKI naik 125 kasus, namun ini bukan seluruhnya wilayah administrasi DKI," ujar Yuri.

Lebih lanjut, Yuri mengatakan data yang dijabarkan menggambarkan di beberapa provinsi dan daerah masih perlu pendisiplinan lagi untuk menekan angka kasus Corona. Hal itu tentunya untuk mengawali produktivitas yang saat ini sedang dipersiapkan.

"Kita tetap harus menjaga kebiasaan baru atau normal yang baru ini karena ancaman COVID-19 ini bersifat global, bersifat seluruh dunia, oleh karena itu kita harus menjaga," kata Yuri.

Data kasus virus Corona ini diperbarui setiap hari. Warga juga dapat mengakses situs covid19.go.id untuk melihat perkembangan kasus virus Corona.

Simak video 'Masyarakat Harus Tahu 5 Hal Ini untuk Landaikan Kurva Penularan Covid-19':

(idn/jbr)