Minta Sektor Pariwisata Disiapkan Matang, Jokowi Ingatkan Kasus Impor Corona

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 11:34 WIB
Presiden Jokowi mengecek persiapan new normal di stasiun MRT dan Summarecon Mall Bekasi
Presiden Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar sektor pariwisata disiapkan secara matang, termasuk penerapan protokol kesehatan yang ketat, jika nantinya mulai dibuka bertahap. Jokowi juga mengingatkan soal impor kasus Corona (COVID-19) yang bisa merusak citra pariwisata.

"Betul-betul harus disiapkan sebuah standar baru menjadi sebuah kultur baru, kebiasaan baru di sektor pariwisata. Dan perlunya sosialisasi yang masif diikuti uji coba, diikuti simulasi-simulasi dan juga perlunya dimulai sekarang ini pengawasan agar betul-betul standar protokol kesehatan itu dijalankan di lapangan," kata Jokowi saat membuka Rapat Terbatas seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (28/5/2020).

Jokowi menyebut potensi impor kasus Corona pada sektor pariwisata sangat besar. Karena itu, dia meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama menyiapkan program promosi pariwisata dalam negeri yang aman dari ancaman virus Corona. Pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif juga diminta berbenah di segala bidang.

"Karena ini risikonya besar, begitu ada imported case kemudian ada dampak kesehatan maka citra pariwisata yang buruk itu akan bisa melekat dan akan menyulitkan kita untuk memperbaikinya lagi," kata dia.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2