Pemerintah Ungkap 7 Daerah yang Terindikasi Siap Terapkan New Normal

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 16:21 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Screenshot Video 20detik)
Jakarta -

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan beberapa daerah di Indonesia yang terindikasi siap menerapkan tatanan normal baru atau new normal. Daerah tersebut antara lain Aceh, Riau, Kalimantan Utara, Maluku, Jambi, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

"Berdasarkan data R naught dari Bappenas, beberapa daerah sudah terindikasi siap, yaitu Aceh, Riau, Kaltara, Maluku, Jambi, DKI Jakarta sesudah tanggal 4 Juni nanti, kemudian juga Jabar ada beberapa daerah. Jabar PSBB-nya sampai tanggal 29 Mei," ujar Airlangga seusai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, Rabu (27/5/2020).

Pemerintah juga memonitor tren R0 atau R naught di beberapa daerah di Indonesia yang sudah di bawah angka 1. DKI Jakarta adalah salah satunya.

"Di Jawa terlihat tren di Jawa Tengah, di Bali, DKI, dan DIY trennya sudah menurun dan relatif menurun di bawah 1 di dalam tracking dalam tiga bulan terakhir. Untuk Sumatera seperti Aceh, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Kepri, dan Riau juga angkanya sudah di bawah 1 dan trennya sudah menurun," kata Airlangga.

"Demikian pula di beberapa daerah di Sulawesi, yaitu Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, kemudian Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Barat," imbuhnya.

Untuk memastikan protokol new normal dipatuhi masyarakat, pemerintah mengatakan TNI-Polri telah dikerahkan untuk mengawal di tempat-tempat keramaian sehingga bisa menjaga kedisiplinan masyarakat.

"Nanti Polri dan TNI akan mengawal di tempat-tempat dan mengkoordinasikan di tempat-tempat keramaian sehingga di tempat-tempat tersebut bisa dijaga disiplin dari masyarakat, sehingga tidak terjadi secondary wave. Karena kalau terjadi secondary wave, maka kegiatan akan dihentikan kembali dan kegiatan pun akan terganggu kembali," kata Airlangga.

(dkp/jbr)