Soal Angka R0 dan Rt Corona yang Ingin Diturunkan Presiden Jokowi

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 13:12 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Rt

Lalu apa itu Rt? Rt atau R(t) adalah angka reproduksi efektif (effective reproduction number). Rt didefinisikan sebagai angka rata-rata aktual dari kasus sekunder per kasus primer pada waktu kalender.

Letak perbedaan R0 dan Rt ada pada rentang waktu (t). Rt bersifat lebih aktual dibanding R0 karena Rt menggambarkan angka reproduksi per jangka waktu yang ditentukan.

Bila Rt<1, maka epidemi sedang turun dan sudah terkendali, khusus pada waktu itu saja. Bila Rt>1, artinya epidemi sedang naik dan tidak terkendali, khusus pada waktu itu saja.

Max Fisher dalam The New York Times menjelaskan belum ada konsensus ilmuwan mengenai cara menghitung R0 hingga sekarang. Angka R0 bukan angka pasti, melainkan bersifat perkiraan. Angka R0 untuk virus Corona adalah 2 hingga 2,5. Namun di Wuhan, China, angka R0 pernah mencapai 5,7.

Max Fisher menuliskan sebenarnya angka R0 di bawah 1 bukan berarti virus telah dikalahkan, melainkan penularan virus hanya berhenti sebentar. Ketika R0 turun di bawah 1, dengan kata lain setiap 100 orang yang kena Corona bakal menginfeksi kurang dari 100 orang. Namun, orang bisa tetap sakit, orang juga bisa tetap meninggal dunia gara-gara Corona.

Halaman

(dnu/fjp)