Perintah Lengkap Jokowi soal Atur Arus Balik dan Bantu Daerah Atasi Corona

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 13:08 WIB
Presiden Jokowi dalam ratas program mitigasi dampak COVID-19 terhadap UMKM
Presiden Jokowi (Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan pengendalian arus balik ke arah Jabodetabek. Jokowi meminta agar arus balik tidak memunculkan penyebaran virus Corona baru (COVID-19) menjadi gelombang kedua.

"Ini penting untuk kita kendalikan agar tidak terjadi sirkulasi bolak-balik dalam penyebaran virus yang berpotensi untuk memunculkan gelombang yang kedua, utamanya di wilayah Jabodetabek karena saya melihat data terakhir tadi pagi tren untuk R0 maupun Rt untuk DKI Jakarta sudah di bawah 1 sehingga ini perlu terus kita tekan agar lebih menurun lagi," kata Jokowi dalam rapat terbatas seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (27/5/2020).

Selain itu Jokowi meminta para jajarannya memantau daerah-daerah dengan kasus Corona yang tinggi baik di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa. Fokus pengendalian pada daerah-daerah itu diminta Jokowi untuk digalakkan.

"Yang berkaitan dengan percepatan pengujian sampel, pelacakan untuk yang terpapar di Jawa Timur betul-betul dilakukan langkah-langkah pengendalian, termasuk juga provinsi yang lain di luar Jawa yang penambahannya masih cukup tinggi, yaitu di Sulawesi Selatan, di Kalimantan Selatan, di Sumatera Selatan, di Papua, di NTB," sebut Jokowi.

Kemudian yang terakhir Jokowi mengingatkan soal target tes COVID-19 yang telah ditetapkannya. Dia meminta agar tes itu mencapai 10 ribu per hari.

Tonton video Jokowi Ingin Arus Balik Diatur Agar Tak Ada Gelombang Kedua Corona:

Pernyataan lengkap Jokowi ada di halaman berikutnya >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2