Cara Belanja Online Pangan Terjangkau di Pasar Mitra Tani

Nurcholis Maarif - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 12:05 WIB
Toko Tani
Foto: Puti Aini Yasmin-Toko Tani
Jakarta -

Kementerian Pertanian (Kementan) beberapa waktu lalu menggandeng Grab membantu distribusi pangan ke masyarakat di tengah pandemi saat ini. Hal ini dilakukan agar masyarakat mendapat harga pangan yang terjangkau dan berkualitas serta pengantaran yang aman karena tidak perlu langsung datang ke pasar.

Salah satu pasar yang disediakan Kementan ialah Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center (TTIC). Di Jabodetabek, ada enam lokasi yang pasat yang bisa dimanfaatkan masyarakat, antara lain Pasar Mitra Tani Rawasari, Pasar Mitra Tani Pasar Minggu, Pasar Mitra Tani Koja, Pasar Mitra Tani Pangkalan Jati, Pasar Mitra Tani Jatiasih, dan Pasar Mitra Tani Bogor.

Untuk belanja daging, beras, susu, susu, sayur, dan produk pangan lainnya di pasar-pasar tersebut, masyarakat bisa memanfaatkan layanan terbaru yang baru diluncurkan GrabAssistant. Sebab pengguna dapat meminta bantuan kepada driver untuk membelanjakan barang di toko pilihan seperti toko kelontong atau toko lainnya.

Lalu driver akan membayar barang yang telah dibelanjakan dan pengguna dapat membayarnya setelah barang telah sampai. Istilah lebih simpelnya, dapat ditalangin dulu oleh driver.

Adapun untuk untuk belanja pangan di Pasar Mitra Tani dengan GrabAssistan, caranya tinggal pilih menu 'Asisten' pada aplikasi Grab lalu masukan lokasi 'Pasar Mitra Tani' dan 'Alamat Pengiriman'. Pilih lokasi Pasar Mitra Tani dan masukkan nama dan nomor telepon; nama dan harga barang; dan estimasi total harga barang. Konfirmasi dan pesan.

Harga barang dapat dilihat pada Facebook: Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan atau Instagram @badanketahananpangan. Selain itu, referensi produk juga dapat dilihat Instagram @tti_center (Toko Tani Indonesia Center).

Sementara itu, pengantaran dimulai dari jam 10.00-14.00 WIB dengan batas akhir pemesanan di jam 13.00 WIB. Pembelanjaan hanya untuk bahan pangan tidak termasuk hewan hidup dan maksimal uang tunai yang ditanggung adalah Rp 200 ribu.

Selain pembayaran tunai, penerima dapat melakukan transaksi nontunai dengan menggunakan transfer saldo OVO sesuai kesepakatan dan biaya yang tertera di aplikasi. Adapun ukuran dan berat barang yang diperbolehkan adalah 50x50x50 cm dengan berat maksimal 15 kg untuk GrabBike.

(ega/ega)