Round-Up

Sejumlah Daerah yang Masih 'Enggan' Terapkan New Normal

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 09:09 WIB
Pemerintah menyiapkan langkah menerapkan new normal di tengah pandemi Corona. Warga diimbau memakai masker hingga rajin cuci tangan di kehidupan normal baru.
Indonesia sedang menyiapkan diri untuk menghadapi new normal. (dok detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Indonesia sedang menyiapkan diri untuk menyambut era 'new normal' untuk menghadapi Corona. Namun, ada sejumlah daerah yang belum siap menerapkan skema 'new normal' ini.

'New normal' atau normal baru adalah kondisi yang tak pernah sama dengan sebelumnya. Kebiasaan sehari-hari harus diubah menyesuaikan dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Langkah untuk menyambut era normal baru ini terlihat dari kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meninjau Summarecon Mall Bekasi, Jawa Barat.

Jokowi tiba di Summarecon Mall Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5/2020) pukul 13.53 WIB. Jokowi didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dalam pernyataannya, Jokowi kembali mengingatkan soal penerjunan TNI-Polri untuk mendisiplinkan masyarakat di titik-titik keramaian guna memutus penyebaran COVID-19. Jokowi juga menyatakan ingin bangsa ini tetap produktif tapi aman dari COVID-19.

"Kita ingin tetap produktif tapi aman COVID. Produktif dan aman COVID, ini yang kita inginkan," kata Jokowi.

Jokowi juga menyinggung angka penyebaran COVID-19 di Bekasi yang disebutnya berada di bawah 1. Jokowi ingin ini dipertahankan dan tak tertutup kemungkinan daerah lain akan diperlakukan seperti Bekasi.

Namun, ada sejumlah daerah yang masih enggan menerapkan skema normal baru karena belum siap. Berikut ini daftar daerah yang masih enggan menjalankan normal baru.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3