179 Migran Dideportasi dari Malaysia via Entikong, Jalani Protokol Kesehatan

Adi Saputro - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 05:10 WIB
Kepulangan WNI yang dideportasi-repatriasi dari Malaysia via PLBN Entikong, Kalbar
Kepulangan WNI yang dideportasi-repatriasi dari Malaysia via PLBN Entikong, Kalbar (Foto: dok. Istimewa)
Pontianak -

Sebanyak 179 orang Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMI-B) kembali dideportasi Malaysia melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Entikong, Kalimantan Barat. Ada 2 anak-anak yang direpatriasi ikut dalam rombongan tersebut.

"Yang dipulangkan tersebut merupakan deportasi dari Depot Imigrasi Semuja, selanjutnya dipulangkan melalui PLBN Entikong, dan selain 171 orang ini ada sebanyak 8 orang ini adalah pemulangan repatriasi, dua di antaranya anak-anak," kata Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat, Jalil Muhammad, Selasa (26/5/2020).

Mereka yang dideportasi ini tiba di Entikong pada Selasa sekitar pukul 22.45 WIB. Sebanyak 8 orang yang direpatriasi, kata Jalil, adalah WNI yang terlantar di Serawak, Malaysia karena mendapat perlakuan yang tidak semestinya dan kepulangannya dibantu pihak KJRI di Kuching.

Kepulangan WNI yang dideportasi-repatriasi dari Malaysia via PLBN Entikong, KalbarKepulangan WNI yang dideportasi-repatriasi dari Malaysia via PLBN Entikong, Kalbar Foto: dok. Istimewa

Begitu tiba, mereka langsung menjalani protokol kesehatan untuk virus Corona, seperti pemeriksaan suhu tubuh, pemberian masker, hingga dilakukan rapid test. Hasil rapid test menunjukkan tidak ada PMI-B yang reaktif virus Corona.

"Setiba di PLBN Entikong, para PMI-B ini dikawal oleh petugas, dan saat memasuki Gedung PLBN Entikong juga langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Karantina Kesehatan, hasilnya tidak ditemukan adanya yang reaktif COVID-19 alias non reaktif," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2