Pemprov Sumbar Evaluasi PSBB, Mulai Bahas Penerapan New Normal

Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 00:18 WIB
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno (Jeka Kampai/detikcom)
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (Jeka Kampai/detikcom)
Padang -

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mulai membahas rumusan pelaksanaan new normal sebagaimana yang diwacanakan oleh pemerintah pusat. Pemprov Sumbar bersiap mengikuti arahan pemerintah pusat jika menetapkan skenario new normal.

"Daerah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kan ada empat. Ada Sumbar, DKI, Jabar, dan Gorontalo. Jadi nantinya PSBB-nya dikuatkan dengan dukungan TNI dan Polri. Jadi daerah PSBB siap menghadapi new normal," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno kepada wartawan, Selasa (26/5/2020).

Irwan mengatakan Pemprov sudah melakukan rapat bersama semua bupati dan wali kota di Sumbar. Agenda yang dibahas di antaranya mengevaluasi PSBB yang sudah berjalan dua tahap dan membicarakan penerapan new normal seperti yang diinstruksikan oleh pemerintah pusat.

"Kita sudah rapat, sekaligus evaluasi PSBB yang berjalan hingga 29 Mei ini," kata Irwan.

Irwan menilai new normal yang dimaksud pemerintah pusat adalah daerah yang menetapkan PSBB dalam lingkup provinsi, terus menguatkan aturan yang diterapkan selama PSBB dengan dukungan TNI-Polri. Supaya PSBB lebih efektif dan tepat sasaran untuk mengubah perilaku dan cara hidup masyarakat dengan mengikuti protokol COVID.

"Setelah PSBB ini berjalan maksimal, nantinya akan terbentuk pola hidup baru masyarakat. Pola hidup itulah yang dimaksudkan pemerintah pusat sebagai pola normal baru," katanya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2