Viral Pemuda Mengaku Tuhan di Kendari, Polisi: Dia Alami Gangguan Jiwa

Sitti Harlina - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 19:36 WIB
DOK. ISTIMEWA/  Kapolres Kendari AKBP Didik Erfianto dalam rilis kasus penganiayaan ibu hamil menggunakan tabung gas
Kapolres Kendari AKBP Didik Erfianto (Foto: Istimewa)
Kendari -

Seorang pemuda bernama Candra (24) di Kendari viral melalui media sosial. Dalam video yang beredar dia mengaku sebagai Tuhan dan menyebut semua anak punk akan masuk surga.

Dilihat detikcom, pada video tersebut tampak seorang pemuda yang mengenakan baju hitam mengatakan bahwa dia Tuhan. Dalam rekaman tersebut dia berada di pinggir jalan. Tampak pula beberapa orang yang duduk di kursi yang berada di belakang pemuda tersebut.

"Saya Allah SWT, Tuhannya manusia, rajanya manusia. Kalian semuanya masuk surga, anak punk semuanya masuk surga," kata pemuda dalam video tersebut.

Kapolres Kendari AKBP Didik Erfianto saat dimintai konfirmasi terkait hal tersebut mengatakan pemuda itu mengalami gangguan jiwa. Polisi juga telah memeriksa pelaku.

"Sudah kita periksa, orang tuanya juga. Anak ini alami gangguan jiwa," kata Didik kepada detikcom, Selasa (26/5/2020).

Terkait video yang direkamnya sendiri, Didik menuturkan jika Candra saat ini sedang dalam perawatan. Meskipun tampak jika Canda layaknya pemuda normal.

"Kesehariannya normal, orang tuanya bawa kartu riwayat kesehatannya jika yang bersangkutan dalam perawatan kejiwaan," ujarnya.

Begitu video tersebut viral, lanjut Didik, pihak kepolisian langsung menjemput dan memeriksa orang tua serta yang bersangkutan.

"Dari Polres langsung ke RSJ, anaknya sekarang sudah di RSJ," pungkasnya.

(lir/lir)