Pasar-Stasiun di Kabupaten Bogor Kerap Ramai, Satpol PP: Kami Sudah Tertibkan

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 14:49 WIB
Kepala Bidang Ketertiban Umum Satpol PP Kabupaten Bogor Ruslan
Kepala Bidang Ketertiban Umum Satpol PP Kabupaten Bogor Ruslan (Sachril Agustin/detikcom)
Bogor -

Pasar dan stasiun di Kabupaten Bogor masih kerap ramai di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Satpol PP Kabupaten Bogor mengaku sudah melakukan penertiban.

"Kita (di) stasiun sebenarnya sudah turun (untuk menertibkan). Kita menyekat juga untuk antrean seperti itu. Tempat duduk juga, kita atur juga. Malah kita divisi pengamanan di stasiun, ngepam (melakukan pengamanan) juga di stasiun," kata Kepala Bidang Ketertiban Umum Satpol PP Kabupaten Bogor Ruslan di Masjid Agung Harakatul Jannah, Jalan Raya Puncak, Megamendung, Kabupaten Bogor, Selasa (26/5/2020).

Ruslan mengatakan selama ini petugas telah melakukan penyekatan di stasiun. Salah satunya dengan menyekat antrean calon penumpang di loket masuk. Namun, dia mengatakan untuk kewajiban membawa surat tugas belum dilaksanakan.

"Nggak buru-buru seperti itu. Kalau memang memungkinkan, mungkin juga seperti itu (pengguna KRL wajib bawa surat tugas," lanjutnya.

Sementara untuk keramaian di pasar, Ruslan mengaku Satpol PP telah melakukan penindakan agar tidak ada kerumunan. Penertiban agar tercipta jarak aman untuk pengunjung pasar juga telah dilakukan.

Dia menjelaskan Satpol PP juga telah memberikan imbauan kepada pembeli dan pedagang pasar untuk selalu menerapkan physical distancing. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan virus Corona.

"Kemarin kita penertiban jaga jarak, jaga jarak seperti itu. Kita juga macam kasir memberikan step supaya ada jarak (di pasar)," kata Ruslan.

Sebelumnya, keramaian juga terjadi di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Ramainya kawasan Puncak dianggap karena kesadaran masyarakat masih kurang.

"Kita dari tim gugus tugas divisi pengamanan dan penanganan, kita sudah melaksanakan beberapa alternatif, gitu. War-war kita setiap jam kita melaksanakan seperti itu. Cuma memang kedisiplinan masyarakat masih rendah," kata Kepala Bidang Ketertiban Umum Satpol PP Kabupaten Bogor Ruslan, di Masjid Agung Harakatul Jannah, Jalan Raya Puncak, Megamendung, Kabupaten Bogor, Selasa (26/5/2020).

"Mereka (masyarakat) menganggap bahwa pandemi ini hanya biasa-biasa saja seperti itu," lanjutnya.

(mae/mae)