Abaikan Jaga Jarak, Warga Padati Pasar Hewan Jatinegara di H+1 Lebaran

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 12:59 WIB
Warga Padati Pasar Hewan Jatinegara di tengah wabah Corona
Warga memadati Pasar Hewan Jatinegara di tengah wabah Corona. (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Kerumunan terjadi di Pasar Hewan Jatinegara, Jakarta Timur, siang ini. Warga tampak mengabaikan protokol kesehatan penanganan virus Corona (COVID-19).

Pantauan detikcom, Selasa (25/5/2020), pukul 11.42 WIB, warga terlihat memenuhi pasar hewan di Jatinegara pada H+1 perayaan Idul Fitri. Pedagang berjualan di sepanjang trotoar Jalan Matraman Raya.

Warga Padati Pasar Hewan Jatinegara di tengah wabah CoronaWarga memadati Pasar Hewan Jatinegara di tengah wabah Corona. (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)

Warga terlihat berinteraksi dengan pedagang tanpa memperdulikan imbauan jaga jarak atau physical distancing. Mereka melihat-lihat hewan, seperti kelinci, kucing, sampai ikan hias.

"Bang, ada ikan mas nggak Bang?" tanya seorang pengunjung pria kepada salah satu penjual di Pasar Hewan Jatinegara.

Kerumunan lebih padat terjadi di Pasar Burung Jatinegara di Jalan Kemuning. Warga hilir mudik, baik menggunakan motor maupun berjalan kaki. Sesekali pengunjung pasar hewan ini berdesakan satu sama lain.

Bukan hanya mengabaikan anjuran physical distancing untuk menghindari penyebaran Corona, banyak pengunjung Pasar Hewan yang tidak memakai masker.

Warga Padati Pasar Hewan Jatinegara di tengah wabah CoronaWarga memadati Pasar Hewan Jatinegara di tengah wabah Corona. (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)

Tak sedikit anak kecil terlihat berada di Pasar Hewan Jatinegara. Banyak juga orang tua yang membawa serta anak-anaknya. Bahkan ada yang membawa anaknya yang terbilang masih bayi.

Terlihat motor-motor diparkir di atas trotoar. Penjual hewan tampak santai menutup pengumuman pemerintah soal pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang ditempel di lokasi tersebut.

PSBB di Jakarta diketahui akan berakhir pada 4 Juni Mendatang. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan yang menentukan apakah PSBB diperpanjang atau tidak adalah perilaku masyarakat itu sendiri.

"Jadi yang menentukan PSBB ini diperpanjang atau tidak itu bukan, sebenarnya bukan pemerintah bukan parah ahli yang menentukan adalah perilaku seluruh masyarakat di wilayah PSBB," ucap Anies di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (26/5).

Tonton juga video Pasar Raya Padang Jadi Klaster Corona, Ratusan Pedagang Dites Swab:

(elz/elz)