Pendisiplinan Cegah Corona, TNI-Polri Akan Pelototi Aktivitas Warga di 1.800 Titik

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 09:23 WIB
Presiden Jokowi, Panglima TNI, dan Gubernur DKI Anies Baswedan meninjau persiapan kesiapan New Normal di Stasiun MRT
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan sebanyak 340 ribu personel dikerahkan untuk mendisiplinkan masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan terkait Corona (COVID-19). Ratusan ribu personel itu akan ditempatkan di 1.800 titik.

"Anggota Polri yang akan dilibatkan kurang lebih 340 ribu karena kita harus mengamankan di 1.800 titik tersebut," kata Hadi di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2020).

Hadi menjelaskan ada tiga hal yang diawasi personel TNI-Polri selama masa pendisiplinan ini. Dia berharap masyarakat bisa tetap beraktivitas dan aman dari Corona.

"Yang kita laksanakan di antaranya pendisiplinan protokol kesehatan, pertama, harus seluruh masyarakat kita awasi supaya tetap memakai masker; yang kedua, masyarakat dalam kegiatan juga harus menjaga jarak aman; dan yang ketiga, kita siapkan tempat mencuci tangan atau alat hand sanitizer," ujar dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pendisiplinan secara masif ini akan digelar di 4 provinsi. Jokowi berharap kurva penyebaran Corona bisa ditekan dengan kebijakan ini.

"Akan digelar di 4 provinsi dan 25 kabupaten kota mulai hari ini sehingga kita harapkan kedisiplinan kuat dari masyarakat akan semakin terjaga," kata Jokowi

(knv/dhn)