Kawasan Puncak Sempat Padat di Hari Ke-2 Lebaran, Ini Penjelasan Polisi

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 07:38 WIB
Kepadatan di Kawasan Puncak Bogor Sore Kemarin
Kepadatan di Kawasan Puncak Bogor Sore Kemarin (Dok. Istimewa)
Bogor -

Satlantas Polres Bogor membenarkan sempat adanya kepadatan yang terjadi di kawasan Puncak saat hari kedua libur Lebaran kemarin. Kepadatan tersebut disebabkan belum ada larangan keluar-masuk Bogor dari Jakarta.

"Memang kemarin (Senin 25/5/2020) sempat terjadi kepadatan di daerah puncak, hal ini berlangsung tidak lama hanya di sore hari saja karena petugas lalu lintas terus melaksanakan pengaturan dan standby dari pagi," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amir saat dikonfirmasi, Selasa (26/5/2020).

Fadli menyebut kepadatan tersebut terjadi lantaran banyaknya warga Jakarta yang berlibur dan melepas penat di kawasan Puncak, Bogor. Menurutnya, banyaknya tempat makan yang buka juga menjadi alasan padatnya kawasan Puncak kemarin.

"Setelah saya amati, hal ini dikarenakan banyak warga Jakarta yang naik ke puncak untuk melepas penat. Di lapangan juga ditemukan tempat makan yang buka dan bisa makan di tempat, tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri kepada kendaraan-kendaraan yang berasal dari luar Bogor," ucapnya.

"Mungkin karena kemarin hari libur terakhir dan hari ini sudah harus masuk kerja semua, jadi dimanfaatkan dengan naik-turun puncak," lanjut Fadli.

Selain itu, Fadli mengatakan hingga saat ini belum ada larangan yang jelas terkait keluar-masuk kawasan Puncak Bogor dari Jakarta. Karena itu, kepadatan terjadi di wilayah Puncak, Bogor.

"Sampai saat ini belum ada larangan untuk keluar masuk Jakarta-Bogor, yang dilarang adalah keluar masuk Jabodetabek. Sedangkan untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan transmisi ke wilayah Bogor (Puncak) akan kami sampaikan ke pimpinan gugus tugas Kabupaten Bogor," imbuhnya.

(maa/dnu)