Round-Up

Polemik Amien Rais Serang Istilah New Normal

Tim detikcom - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 21:25 WIB
Amien Rais di Semarang
Foto: Amien Rais di Semarang (Angling/detikcom)

Partai Gerindra sepakat dengan pandangan Amien Rais itu. Bagi Gerindra, itu merupakan masukan yang bagus.

"Masukan Pak Amien bagus dan banyak poin yang bisa jadi perhatian bagi eksekutif. Soal PNS masuk, soal pengendalian utang kami sepakat," kata juru bicara Partai Gerindra Habiburokhman saat dimintai tanggapan, Senin (25/5/2020).

Yang terpenting dalam era new normal ini, kata Habiburokhman, adalah substansinya, yakni tetap menjaga protokol kesehatan anti-COVID-19 selama beraktivitas. Dia lalu memaparkan kerja Satgas Lawan COVID-19 DPR selama ini terkait new normal.

"Kami di Satgas Lawan COVID-19 DPR juga terus meminta masukan dari masyarakat dan mengecek kondisi secara langsung. Kami ingin setiap sektor punya protap new normal masing-masing," jelas Habiburokhman.

Sementara itu, PPP menilai Amien Rais hanya berbicara tentang alam pikirannya sendiri. Pernyataan Amien Rais dianggap terlalu tendensius.

"Amien Rais terlalu tendensius dalam memaknai new normal sesuai alam pikirannya," kata Sekretaris F-PPP DPR Achmad Baidowi kepada wartawan, Senin (25/5/2020).

Pria yang akrab disapa Awiek menilai new normal yang digalakkan pemerintah adalah tentang kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari.

"Padahal yang dimaksud new normal adalah kehidupan normal baru yang melampaui kehidupan normal sebelumnya. Jika sebelumnya bekerja seperti yang selama ini menjadi kebiasaan, dalam kehidupan new normal harus memperhatikan protokol kesehatan. Bekerja pakai masker, jaga kesehatan, jaga jarak, sering-sering cuci tangan, yang semuanya itu tidak dilakukan sebelum pandemi COVID-19," ucap Awiek.

Sedangkan PKB menyatakan new normal sama sekali tak terkait dengan pengangguran. New normal adalah cara hidup baru agar lebih sehat.

"New normal adalah cara hidup baru yang lebih sehat dan spesifik agar terhindar dari penyebaran virus yang sangat mudah penularannya, nggak ada urusannya dengan pengangguran dan kriminalitas," kata Ketua DPP PKB Daniel Johan saat dikonfirmasi, Senin (25/5/2020).

Daniel menyebut new normal adalah cara mengurangi dampak sosial dari ganasnya penularan COVID-19 agar bidang ekonomi yang penting tetap berjalan. New normal, katanya, memastikan ekonomi jalan sembari memotong arus penularan virus Corona dengan protokol kesehatan ketat.

"Seperti pakai masker, jangan bersentuhan, selalu cuci tangan," kata Daniel.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3