KRL Rute Angke-Bogor Sempat Padat di Hari Pertama Lebaran, Ini Penjelasan KCI

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 20:13 WIB
Rute KRL Jakarta-Bogor jadi perhatian usai Gubernur Jakarta Anies Baswedan akui jalur itu riskan corona. Meski begitu KRL rute itu masih ramai digunakan warga.
Foto: Ilustrasi penumpang KRL ramai. (Pradita Utama/detikcom).

Menurut Anne, data pengguna KRL di hari pertama Lebaran mengalami penurunan sekitar 90 persen dari tahun sebelumnya. Anne mengatakan hingga pukul 17.00 WIB, tercatat ada 41.436 pengguna KRL untuk hari ini.

"Hingga pukul 17.00 WIB hanya 41.436 pengguna yang memanfaatkan jasa KRL Commuter Line, atau turun 60% dibanding hari sebelumnya," ujar Anne.

Dia mengatakan, persamaan pengguna KRL di Lebaran tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah banyaknya pengguna atau penumpang musiman. Menurut Anne, penumpang musiman cenderung tidak mau dipisahkan untuk pengaturan posisi duduk maupun berdiri.

"Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, pada lebaran Ini KRL juga dominan diisi oleh Penumpang musiman yang pergi bersama atau rombongan dan tidak mau dipisahkan untuk pengaturan posisi duduk maupun berdiri," urainya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Persero Didiek Hartantyo mengatakan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek sudah menerapkan prinsip physical distancing selama pandemi Corona (COVID-19). Hal ini dilakukan dengan memangkas kapasitas penumpang menjadi 60-70 orang per gerbong.

"Dalam situasi PSBB ini kami terapkan protokol di mana satu kereta hanya berisi 60-70 orang. Kita atur physical distancing, kemudian berdiri dan duduk kita sudah gambarkan di kotak-kotak. Apabila lebih petugas siap mengatur ke kereta lainnya," kata Didiek dalam konferensi pers di YouTube BNBP Indonesia, Kamis (21/5/2020).

Halaman

(elz/elz)