Situs Pemkab Buol Dihack, Ada Foto Tenaga Medis Ber-APD 'Indonesia Terserah'

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 18:08 WIB
Situs resmi Pemkab Buol diretas
Situs resmi Pemkab Buol diretas. (istimewa)
Jakarta -

Situs resmi Pemerintah Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, diretas. Muncul foto tenaga medis mengenakan pakaian alat pelindung diri (APD) bertulisan 'Indonesia Terserah' yang sempat viral di media sosial.

detikcom mencoba mengakses situs Pemkab Buol, buolkab.go.id, Minggu (24/5/2020) pukul 17.42 WIB. Ketika laman terbuka, tampak situs ini telah diretas.

Di situs itu tampak sang peretas menyuarkan nada kekecewaan terhadap pemerintah. Dia menuding kebijakan pemerintah kerap berubah-ubah sehingga tidak didengar lagi oleh masyarakat.

"Lebaran Yaa...Corona.... Akibat kebijakan Pemerintah yang berubah-ubah akhirnya gak didengar lagi oleh Masyarakat..
Andaikan PSBB Diperketat...Mungkin Indonesia Gak Akan Seperti Ini #Indonesia Terserah #Semangat Team Medis," demikian tulisan yang muncul di situs tersebut.

Di situs resmi Pemkab Buol itu, tertulis bahwa peretasnya adalah Angel Decoded dan Dimas Decoded. Selain tulisan tersebut, situs ini memutar lagu 'Kartonyono Medot Janji' yang dipopulerkan Denny Caknan.

Belum ada penjelasan dari pihak Pemkab Buol soal peretasan ini.

Seperti diketahui, Buol adalah salah satu wilayah yang diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyetujui pemberlakuan PSBB di Buol karena menjadi daerah penyebaran Corona (COVID-19) paling tinggi di Sulteng.

Tonton juga video Pria Ber-APD Teriak 'Kami Capek' di Jalan Hingga Viral, Ini Alasannya:

(hri/mae)