Polair Tangkap 2 Kapal Asing Bermuatan 1,7 Ton Ikan Diduga Illegal Fishing

Audrey Santoso - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 14:13 WIB
Polisi Tangkap Dua Kapal Berbendera Malaysia Diduga Lakukan Illegal Fishing
Foto: Polair Tangkap Dua Kapal Berbendera Malaysia Diduga Lakukan Illegal Fishing (dok. istimewa)

"Meski situasi dan kondisi COVID, saya tetap perintahkan kapal patroli Mabes untuk patroli perbatasan. Untuk proses, kita koordinasi dengan Dirpolairud Sumut dan PSDKP setempat," tutur Latif.

Sementara itu Direktur Polair Polda Sumatera Utara Kombes Roy Sihombing menuturkan kedua kapal yang ditangkap itu langsung digiring menuju Pelabuhan Belawan untuk proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut. Dia menerangkan pihaknya menyita dokumen kapal, GPS, radio, kompas dan ikan campuran kurang lebih 1,2 ton dari PKFB 898.

"Barang bukti dari Kapal PKFB 1774 antara lain dokumen kapal, GPS, radio, kompas dan ikan campuran kurang lebih 500 kilogram," sambung Roy.

Polisi Tangkap Dua Kapal Berbendera Malaysia Diduga Lakukan Illegal FishingPolisi Tangkap Dua Kapal Berbendera Malaysia Diduga Lakukan Illegal Fishing Foto: dok. istimewa

Kedua nahkoda kapal itu dijerat Pasal 92 jo Pasal 26 ayat (1); Pasal 93 ayat (2) jo Pasal 27 ayat (2); dan Pasal 85 jo Pasal 9 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 45 Tahun 2009 tentang perubahan atas Undang-undang RI Nomor 31 Tahun 2004 tentang perikanan.

"Selanjutnya hasil tangkapan tersebut untuk penyidikan lebih lanjut, kami serahkan ke PSDKP (Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan) Stasiun Belawan sesuai dengan Undang-undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang perikanan sebagaimana kewenangan yang dimiliki oleh PSDK," sebut Roy.


(aud/elz)