11.000 Personel TNI-Polri Disiagakan Amankan Lebaran di Sumut

Ahmad Arfah Fansuri - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 10:10 WIB
Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin (Foto: Istimewa)
Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin (Foto: Istimewa)
Medan -

Sebanyak 11.000 personel gabungan disiagakan untuk mengamankan Lebaran di Sumatera Utara (Sumut). Para personel yang terdiri dari TNI, Polri, dan aparat pemerintah ini disiapkan di sejumlah titik yang ada di Sumut.

"Sebanyak 11.000 personel gabungan TNI, Polri, dan Pemerintah yang terlibat dalam Ops Ketupat Toba 2020. Personel ini disiagakan dan sudah ditempatkan untuk mengisi 124 pos yg terbagi atas 89 pos pengamanan Idul Fitri dan 25 pos check point antisipasi pemudik masuk ke Sumut," ujar Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin, Minggu (24/5/2020).

Martuani mengatakan personel yang disiagakan ini juga untuk mencegah penyebaran virus Corona di pintu masuk Sumut. Dia menyebut warga yang hendak masuk ke Sumut harus mengikuti rapid test.

"Polri bekerja sama dengan instansi terkait turut melaksanakan anjuran protokol kesehatan dengan melakukan pengecekan suhu tubuh, menggunakan masker dan dilengkapi dengan rapid test untuk pengunjung dari luar daerah," tuturnya.

Martuani menjelaskan pihaknya sudah melakukan berbagai hal untuk mencegah penyebaran virus Corona. Dia meminta masyarakat juga ikut mencegah penyebaran virus, khususnya saat Lebaran.

"Maka dari itu, kami meminta kesadaran diri dari masyarakat Sumut untuk dapat memahami dan bekerja sama untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 saat melaksanakan Idul Fitri," jelas Martuani.

(mae/mae)