3 Amalan Sunnah yang Bisa Dilakukan di Rumah Jelang Salat Idul Fitri

Puti Yasmin - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 06:26 WIB
Ornamental Arabic lanterns with burning candles. Glittering golden bokeh lights. Plate with date fruit on the table. Greeting card for Muslim holiday Ramadan Kareem, iftar dinner background.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Tabitazn/3 Amalan Sunnah yang Bisa Dilakukan di Rumah Jelang Salat Idul Fitri
Jakarta -

Pelaksanaan salat Idul Fitri tahun ini dilakukan umat Islam di dalam rumah. Walaupun begitu, masih ada amalan-amalan sunnah yang bisa menambah pahala kita jelang melaksanakan salat Id.

Dikutip dari Kitab Minhajul Muslim, hukum salat Id adalah sunnah muakkad atau seperti salat wajib. Dalam Quran surat Al-Kausar, Allah SWT memerintahkan salat Id sebagai berikut,

Arab: فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

Latin: fa ṣalli lirabbika wan-ḥar

Artinya: Maka laksanakan lah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

Berikut Amalan Sunnah yang Bisa Dilakukan Jelang Salat Idul Fitri:

1. Kumandangkan Takbir

Mengumandangkan takbir merupakan salah satu sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Berdasarkan hadist riwayat Bukhari, dari Ummu Athiyyah RA berkata,

"Kami dahulu diperintahkan untuk keluar pada hari raya sehingga para gadis juga keluar dan perempuan yang sedang haid pun keluar rumah. Mereka berada di belakang jamaah salat, mereka bertakbir sebagaimana jamaah lain bertakbir, mereka berdoa dengan doa para jamaah, mereka berharap keberkahan hari itu."

Adapun, sunnah ini biasanya dilakukan dari malam raya hingga pagi hari atau sampai dengan imam keluar untuk melaksanakan salat Id.

2. Mandi dan Pakai Pakaian Terbaik

Mandi sebelum melaksanakan salat Idul Fitri hukumnya sunnah. Hal ini sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW sebelum berangkat salat.

Selain itu, Rasulullah juga diketahui menggunakan pakaian terbaik serta wewangian di hari raya tersebut. Dalam buku Fiqh Us-Sunnah: Superagatory Prayers dari As-Sayyid Sabiq, Ibn Al-Qayyim mengatakan,

"Rasulullah SAW biasa menggunakan pakaian yang terbaik untuk hari-hari tersebut dan dia punya jubah (cloak) khusus yang hanya dipakai pada dua Hari Raya dan Jumat."


3. Makan

Amalan terakhir yang dilakukan Rasulullah SAW sebelum melaksanakan salat Id adalah makan. Dalam kitab Muwatta Malik yang disusun Imam Malik bin Anas,

"Yahya menceritakannya padaku dari Malik dari Ibnu Shihab, yang diceritakan Said Al-Musayyab, jika orang-orang diperintahkan makan terlebih dulu sebelum berangkat solat Idul Fitri. Menurut Malik, orang-orang tidak melakukan kebiasaan tersebut pada Idul Adha."

Dalam hadist riwayat Bukhari, Rasulullah SAW dikisahkan memakan kurma sebelum melaksanakan salat Idul Fitri. Adapun, jumlah kurma yang dimakan disebutkan ganjil.

"Rasulullah SAW tidak pernah salat Idul Fitri sebelum makan beberapa butir kurma. Anas juga menceritakan: Rasulullah SAW biasa makan kurma dalam jumlah ganjil."

Selamat Hari Raya Idul Fitri!

(pay/erd)