Di Tengah Situasi PSBB, Malam Takbiran di Palembang Lengang

Raja Adil Siregar - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 00:55 WIB
Polisi saat memantau situasi malam takbiran di bundaran Air Mancur yang sepi.
Foto: Polisi memantau malam takbiran di Palembang (Raja Adil/detikcom)
Jakarta -

Aktivitas malam takbiran di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) tidak seperti biasanya. Malam takbiran kali ini terlihat lengang karena Palembang tengah berada di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Pantauan detikcom, beberapa ruas jalan protokol seperti Basuki Rahmat, Demang Lebar Daun, Bundaran Air Mancur hingga Jalan Sudirman sepi. Padahal jalan-jalan ini biasanya ramai dan padat saat malam takbiran.

"Hari raya tahun ini berbeda, sepi karena lagi musim Corona. Takbiran di masjid saja tadi sampai pukul 21.00 WIB sudah sepi," kata salah satu warga, Hendra saat ditemui di Jalan Sudirman menuju Ampera, Sabtu (23/5/2020).

Secara terpisah, Kasubsatgas Pidum Ops Aman Nusa II, Kompol Suryadi menyebut situasi malam takbiran aman. Bahkan ia dan personel opsnal Subdit 3 Jatanras sudah patroli sejak selesai berbuka puasa hari ini.

"Rantis dan Resmob keluar malam takbiran dengan 38 personel opsnal Jatanras. Hasil sejauh ini aman," kata Suryadi.

Di tengah pandemi COVID-19 dan sudah masuk penerapan PSBB, Suryadi mengaku pihaknya juga melakukan sosialisasi pada masyarakat. Terutama yang masih tetap berkumpul pada malam hari.

"Kita lakukan monitoring dan pemantauan kelompok masyarakat ketika malam takbir, balap liar atau kejahatan jalanan. Apalagi sekarang Kota Palembang sedang PSBB," kata Suryadi yang juga menjabat Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel.

Operasi Aman Nusa sendiri, dilalukan tim dengan menyusuri titik-titik kerawanan di Kota Palembang. Terutama daerah yang biasa dijadikan tempat balap liar, rawan begal dan kejahatan jalanan lain.

Rencananya, operasi akan digelar sampai subuh dengan melihat situasi di lapangan. Terutama lokasi-lokasi keramaian yang digunakan anak muda untuk berkumpul.

Sementara itu, jajaran Subdit Jatanras dari Unit 2 dan 3 yang dipimpin Kompol Bahtiar melakukan patroli di lorong-lorong untuk membubarkan warga. Mereka yang tidak ada kepentingan diimbau agar kembali ke rumah masing-masing.

(ras/rfs)