2 Daerah di Samarinda Kaltim Terendam Banjir Jelang Idul Fitri

Suriyatman - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 17:35 WIB
Kawasan Perum Bengkuring, Samarinda, terendam banjir. (Suriyatman/detikcom)
Foto: Kawasan Perum Bengkuring, Samarinda, terendam banjir. (Suriyatman/detikcom)

Hendra mengatakan saat ini pemerintah daerah belum menetapkan status tanggap darurat. Menurutnya, jika ketinggian air semakin mengkhawatirkan maka status tanggap darurat bisa saja ditetapkan.

"Meski belum ditetapkan tanggap darurat, personel BPBD Kota Samarinda sudah ditetapkan di kawasan yang tergenang air untuk membantu warga dengan sejumlah perahu," sebut Hendra.

Warga Gunung Lingai, Muhammad Ajis khawatir banjir tidak surut hingga esok hari. Kalau itu yang terjadi, Ajis pasrah merayakan Idul Fitri dalam keadaan kebanjiran.

"Saat ini saja di rumah saya belum ada penurunan debit air. Bahkan, terkesan makin bertambah ketinggiannya. Kalau emang belum ada penurunan hingga nanti malam, otomatis sama seperti tahun kemarin, kami rayakan Idul Fitri di rumah dalam kondisi terendam air," keluh Ajis.

Sementara itu, debit TMA di Bendungan Benanga terus mengalami peningkatan. Jika kemarin ketinggian air berada di level Awas dengan ketinggian 80, saat ini ketinggiannya berada di level Siaga atau sekitar 107 cm.

selanjutnya
Halaman

(zak/zak)