Round-Up

Salat Id di Rumah Saja Terus Digaungkan di Tengah Wabah Corona

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 09:06 WIB
Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerbitkan fatwa mengenai panduan salat Idul Fitri saat pandemi Corona. Salat Id bisa dilakukan berjemaah atau sendiri-sendiri.
Foto: Getty Images/Ulet Ifansasti

2. Menko Polhukam Mahfud Md

Menko Polhukam Mahfud Md meminta masyarakat tetap di rumah saat Lebaran nanti. Pelaksanaan salat id hingga halalbihalal juga diminta Mahfud untuk di rumah saja.

"Dalam suasana pandemi COVID-19 ini mari kita laksanakan salat id dan berhalalbihalal di rumah dengan jumlah orang yang terbatas," kata Mahfud dalam keterangannya, Jumat (22/5).

Mahfud menyerukan hal itu berdasar pada seruan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Seruan yang sama disebut Mahfud juga disampaikan berbagai ormas Islam.

"Seruan seperti ini sudah dianjurkan secara sangat kuat oleh pemerintah setelah membaca seruan-seruan dari lembaga keagamaan seperti Majelis Ulama, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah dan yang lain-lain," kata Mahfud.

"Bukan hanya di Indonesia anjuran salat di rumah ini dilakukan, bahkan masjid suci yang ada di Makkah dan Madinah yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi juga ditutup demi menyelamatkan kaum Muslimin dari penularan COVID-19," imbuhnya.

3. Majelis Ulama Indonesia (MUI)

MUI mengimbau umat muslim untuk menjalankan salat Id di rumah. MUI mengingatkan pentingnya menjaga keselamatan diri dan lingkungan.

"Salat Idul Fitri itu bukan dilarang, tetapi kita mengindahkan kaedah hendaknya menghindarkan kerusakan, menghindarkan kemudaratan," kata Ketua MUI Abdullah Jaidi dalam jumpa pers usai sidang Isbat, Jumat (22/5).

Jaidi mengingatkan fatwa MUI yang mengatur soal salat di masa pandemi. Dia mengingatkan soal salat Jumat yang boleh diganti salat Zuhur.

"Salat Jumat saja kita menyampaikan bisa di rumah, itu yang wajib, apalagi salat Idul Fitri yang sunah," ujarnya.

Halaman

(azr/isa)